Lima Tips Langkah Menata Ruang Penyimpanan di Dapur

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Memiliki dapur yang rapi dan terorganisir tak selalu memerlukan ruangan yang luas. Dengan dapur tergolong minimalis pun kita bisa mendapatkan dapur rapi seperti yang sering terlihat di Instagram.

Memang dibutuhkan taktik agar kita bisa menyimpan semua koleksi peralatan masak dan juga bahan-bahan makanan dengan rapi.

Pendiri The Home Edit, perusahaan organisir barang, Clea Shearer dan Joanna Teplin melansir dari memberikan tips yang bisa kita terapkan di rumah.

1. Buat zonasi

Buatlah cetak biru untuk dapur Anda yang menunjukkan apa saja yang harus ada di sana dan butuh ruang tersendiri. Misalnya saja perlengkapan membuat kue di satu tempat, bumbu dapur dalam satu keranjang, atau produk-produk pembersih dalam satu tempat.

“Produk-produk pembersih seharusnya berada di bawah sink. Lalu, jangan sampai ada kontaminasi silang, misalnya meletakkan toples selai dekat dengan piring. Makanya penting ada zonasi,” saran Shearer.

2. Gunakan seluruh ruang

Untuk dapur kecil, jangan sia-siakan tiap jengkal ruang yang ada. Bagian yang sering terbengkalai adalah bagian sudut atau ruangan bawah tempat cuci piring.

“Kami sering berkhotbah tentang ruangan di bawah sink karena orang sering melupakannya,” kata Shearer.

Jika masih ada ruangan yang luas dalam pantry, gunakan kotak yang bisa dibuka tutup dengan mudah atau nampan khusus dengan roda putar.

3. Terapkan aturan 80/20

Shearer dan Teplin selalu menerapkan aturan 80/20 ini pada setiap dapur dan ruang pakaian milik klien yang mereka atur. Dalam aturan ini, kita fokus pada elemen-elemen yang dianggap paling penting untuk menyisakan ruang.

“Jika kita memaksimalkan sampai 100 persen, rasanya tidak akan nyaman. Jika semua penyimpanan menampung sampai 100 persen, kita akan kesulitan membuka laci,” kata Teplin.

Ia selalu meminta klien-kliennya memilah mana barang yang perlu dikeluarkan sehingga masih ada ruang di tempat penyimanan. Untuk barang yang tidak lolos sortir, donasikan pada yang membutuhkan.

“Anda harus selalu memilih, barang atau ruang. Tak bisa dapat dua-duanya,” katanya.

4. Jangan banyak barang di atas meja dapur

Area countertop atau bagian atas meja dapur sebaiknya jangan terlalu padat oleh barang. Pilih hanya yang esensial saja yang ada di area ini dan sisanya di simpan di laci.

“Hanya letakkan barang yang paling sering dibutuhkan atau membuat tabletop jadi lebih indah,” saran Shearer.

5. Evaluasi secara rutin

Pengaturan yang paling rapi sekali pun membutuhkan maintenance rutin. Shearer menyarankan untuk membuat batasan ketat tentang seberapa banyak kita bisa menumpuk barang. Tahan diri agar tidak mudah tergoda membeli pernak-pernik lucu tapi hanya akan membuat tempat jadi berantakan.

“Sekali lagi, sebelum membeli atau menyimpan sebuah barang, tanyakan pada diri sendiri apakah kita memang membutuhkannya. Jika tidak, buanglah,” katanya. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE