Amien Rais Sarankan Jokowi Cari Menteri Berwatak Kerakyatan

JIKA INGIN RESHUFFLE

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencari menteri yang berwatak kerakyatan. Hal itu apabila bakal me-reshuffle kabinetnya.

Sebab, Amien Rais menilai, menteri-menteri yang ada sekarang kurang memahami kondisi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Saya melihat kelemahan dari kabinet Pak Jokowi yang sekarang ini, memang banyak menteri-menteri itu yang saya kira tidak begitu paham dengan kehidupan rakyat yang kembang kempis, yang betul-betul kehidupannya itu sangat berat,” kata Amien dalam wawancara di akun Instagram @amienraisoffical, Jumat (3/7/2020).

Amien mengatakan, kehidupan masyarakat semakin sulit, bahkan untuk meminjam uang ke tetangga pun tidak bisa. Ia pun mempertanyakan apakah kondisi masyarakat di tengah pandemi ini tidak terpantau oleh menteri-menteri kabinet kerja.

“Nah, apakah ini tidak terpantau? Karena sepetinya masih santai. Pak Jokowi marah dan jengkel mengatakan tidak punya sense of crisis, bagaimana kita ini tidak ada perasaan, segala macamnya. Dia sendiri kan selama ini tidak begitu punya sense of crisis juga,” ujarnya.

Berdasarkan hal itu, Amien mengatakan, jika Presiden Jokowi harus melakukan reshuffle, ia menyarankan calon-calon menteri yang dipilih memiliki watak kerakyatan yang mendalam.

“Tapi kalau mau reshuffle, tolong dicari orang-orang apalagi dari parpol, dari kalangan swasta, dan kalangan kampus. Tapi yang kira-kira memang punya watak kerakyatan yang mendalam,” ucapnya.

“Posisinya itu bukan untuk memperkaya diri seperti para pengusaha itu, yang sudah salah kaprah itu, tapi betul-betul tipe orang yang people oriented,” pungkasnya. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...