Dampak Covid-19, Menaker Sebut Tiga Juta Orang Kehilangan Pekerjaan.

SERANG,PenaMerdeka – Dampak pandemi virus covid-19, menyebabkan sektor ekonomi tanah air mengalami penurunan, bahkan jutaan warga kehilangan pekerjaan.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah, bahwa Covid-19 sangat menyentuh perkembangan ekonomi Indonesia.

“Dampaknya tidak hanya pada sektor kesehatan saja, tapi ternyata dampaknya sangat luas, bahkan masuknya ke sektor perekonomian. Dampak yang paling terasa sektor ketenagakerjaan karena banyak orang kehilangan pekerjaan,” ucap Ida saat membuka pelatihan kerja di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Kota Serang, Selasa (21/7/2020).

Ia menuturkan, ada 3 juta lebih warga yang kehilangan mata pencaharian karena dirumahkan dan di PHK selama masa pandemi covid-19.

“Dampak covid, 1,7 juta di warga diPHK terutama yang kerja di sektor informal. Ada 1,3 juta yang dirumahkan. Kurang lebih dampak ada 3 juta lebih yang tidak memiliki pendapatan sama sekali,” katanya menambahkan.

Menteri Ida juga mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang konsisten dan berupaya dalam menangani dampak Covid 19.

Anggaran sebanyak Rp635,2 triliun dialokasikan untuk penyelesaian baik krisis kesehatan maupun perekonomian.

“Pemerintah tidak konsen pada kesehatan saja, pemerintah berupaya menyelesaikan dampak covid 19 itu. Secara paralel dilakukan penanganan Rp635,2 triliun dialokasikan untuk penyelesaian baik krisis kesehatan atau dampak covid 19,” katanya. (dra)

Disarankan
Click To Comments