Ratusan Kilogram Sabu Ganja Dimusnahkan BNNP Banten

PENGUNGKAPAN KASUS JUNI 2020

0

BANTEN,PenaMerdeka – Ratusan kilogram barang haram berupa ganja dan sabu dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten,

Pemusnahan dilangsungkan di Gedung BNNP, Cipocok Jaya, Kota Serang pada Rabu (22/7/2020). Pemusnahan sabu dan ganja dilakukan dengan mesin Incinerators hasil pengungkpan pada Juni 2020.

“Narkotika yang dimusnahkan yaitu, jenis sabu kurang lebih 989,7 gram dan ganja sekitar 298 kilo gram,” ucap Kepala BNNP Banten Brigjen Pol Tantan Sulistiyana, Rabu (22/7/2020).

Ia mengungkapkan, dalam kasus pengungkapan ini pelaku yang tertangkap petugas BNNP Banten berjumlah empat orang.

“Ke empat pelaku, yaitu kurir sabu MD (21) dan SH (24) yang ditangkap di Bandara Soekatno Hatta yang menaronya di alas kaki. Kemudian kurir ganja GS (27) dan NP (26) yang ditangkap di pintu keluar pintu Tol Merak menyembunyikannya di mobil pengangkut buah alpukat,” tuturnya.

Ia menambahkan, wilayah Banten menjadi tempat transit barang haram tersebut. Mereka akan mendapatkan upah dari pemilik.

“Para kurir sabu akan mendapatkan upah Rp20 juta sementara untuk ganja akan diberikan upah kalau sudah lewat Banten diberikan sekitar Rp25 juta,” katanya.

Akibat perbuatannya mereka terancam Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 111 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1 UU tentang Narkotika dengan ancaman penjara selama 20 tahun atau seumur hidup.

“Saat ini jaringan ini sedang kita kembangkan. Tentunya kasus ini tidak berhenti diungkap kasus hari ini,” katanya. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...