Belasan Ribu Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Diperiksa Kesehatan

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Sebanyak 256 lapak hewan kurban di Kabupaten Tangerang diperiksa kesehatannya untuk persiapan Hari Raya Iduladha 1441 H mendatang.

Pengecekan kesehatan hewan kurban yang rutin dilakukan oleh Dinas Ketahan Pangan (DKP) Kabupaten Tangerang itu bakal terus digelar sampai 5 Agustus 2020 nanti.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan mengatakan, hingga hari ini pihaknya sudah mengecek sebanyak 256 lapak hewan kurban yang tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Setelah lebaran itu kita akan meneliti atau melihat jeroan setelah pemotongan. Bisa lihat dari unsur penyakit hewan,” kata Aziz di Kabupaten Tangerang, Kamis (23/7/2020).

Ia menjelaskan total hewan sapi dan kambing yang sudah diperiksa sampai detik ini berjumlah 13.937 ekor. Pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan saat memeriksa kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tangerang.

“Dari pantauan tim secara umum sehat, ada beberapa ekor yang stres akibat perjalanan jauh, ada juga yang bersin-bersin,” ungkap Aziz.

Ia pun telah mengimbau tim gugus tugas Covid-19 tingkat RT/RW untuk tidak melakukan penyembelihan hewan di tempat umum dan terbuka.

Lantaran, dikhawatirkan akan menyebabkan kerumunan massa justru menjadi zona merah dimana, Kabupaten Tangerang sendiri sudah menjadi zona kuning yang menuju zona hijau.

“Di mana kita komunikasikan soal APD ke tim pemotong dan pembagiannya juga door to door. Ada beberapa yang lain juga ada di RTH itu juga belum mencukupi pelayanannya,” pungkasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments