Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Pemprov DKI Bakal Larang Salaman dan Berpelukan

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menyosialisasikan kebiasan baru di tengah. Selain wajib menggunakan masker, bersalaman dan berpelukan harus dihilangkan dalam kebiasaan baru.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, untuk mencegah persebaran virus Corona, kebiasaan yang sudah menjadi tradisi orang Indonesia sejak lama terpaksa harus ditinggalkan. Seperti bersalaman atau berpelukan tidak lagi diperkenankan dalam kebiasaan baru ini.

“Kebiasaan hidup baru di tengah pandemi COVID-19 ini memang mula-mulanya terasa janggal dan aneh. Banyak orang merasa seperti ada yang kurang dari sebuah pertemuan. Ingin pelukan, ingin salaman, itu semua ditahan. Mau berbicara harus pakai masker,” terang Anies saat ditemui di kawasan Jakarta Utara Kamis (23/7/2020).

Anies menjelaskan, apabila protokol kesehatan COVID-19 pada masa PSBB transisi dilaksanakan dengan baik, kebiasaan baru bisa diterapkan. Saat ini, kata dia, pihaknya tengah menyiapkan sistem untuk pengawasan dan penjagaan kebiasaan baru.

Mantan Menteri Pendidikan itu mengajak seluruh masyarakat Ibu Kota untuk tetap menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Alat penutup hidung dan mulut ini di yakininya mumpuni dalam mencegah penularan wabah mematikan itu.

“Kalau kebiasaan baru ini benar-benar dipatuhi oleh masyarakat dan diterapkan secara tertib dalam kesehariannya maka secara otomatis penularan wabah Corona bisa ditangkal.”

“Kita siapkan sistemnya untuk penjagaan, secara perilaku, kita jaga perilakunya.Mudah-mudahan Jakarta benar-benar menjadi pemenang di dalam menghadapi Covid-19 ini. Insya Allah,” pungkasnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...