HUT RI 76

Keterisian RS untuk Pasien Covid-19 Meningkat di Jakarta

CAPAI 80 SAMPAI 85 PERSEN

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan, bahwa tingkat keterisian rumah sakit untuk pasien covid-19 meningkat. Bahkan, hingga 1 Januari 2021 kemarin peningkatan di Ibu Kota itu sudah mencapai 80-85 persen.

“Jadi kalau rumah sakit memang ada peningkatan ya terkait keterpakaian atau sisanya semakin berkurang. Datanya ini per 1 Januari terdapat 7.447 tempat tidur isolasi dan 964 tempat tidur ICU, dan keterpakaian nya itu untuk isolasi itu 85% atau 6.303, sementara ICU 80% atau 771 pasien, jadi masih mencukupi,” ujarnya, Sabtu (2/1/2021).

Riza mengimbau kepada rumah sakit untuk meningkatkan ketersediaan fasilitas untuk penanganan pasien Covid-19 hingga 50 persen, termasuk mengusulkan penambahan tenaga medis.

“Kami terus melakukan peningkatan ketersediaan rumah sakit, tempat tidur dan ruang isolasi bagi rumah sakit rujukan. Kami minta untuk melakukan peningkatan hingga 50 persen,” ucap Riza.

“Tenaga kesehatan juga kami tambah, ada 2.676 tenaga kesehatan yang sudah kami usulkan,” lanjutnya.

Hal itu juga sebagai antisipasi adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 setelah masa liburan akhir tahun. Pemprov DKI kata dia akan terus berusaha memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan terkait penanganan Covid-19.

Meski demikian, Riza tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Covid-19. (jirur)

Disarankan
Click To Comments