HUT RI 76

Penguatan Karakter Guru di Kota Tangerang, Ciptakan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Pendidikan Kota Tangerang menggelar penguatan karakter bagi guru tenaga harian lepas (THL). Hal ini bertujuan untuk menciptakan guru profesional dalam pemberian pelajaran dengan kreatif, inovatif, dan mengembangkan wawasannya kepada peserta didik.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, sebanyak 3.000 guru mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini pula berlangsung hingga Jum’at (16/7/2021) mendatang dengan menyasar guru THL sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri.

“InsyaAllah kegiatan ini berlangsung sampai Jum’at. Materinya terkait penguatan karakter untuk menciptakan guru profesional dalam pemberian pelajaran dengan kreatif, inovatif, dan mengembangkan wawasannya agar memberi materi kepada anak-anak didik kita,” ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Jamaluddin menjelaskan, selain itu pada tahap kedua nanti, kegiatan serupa bakal menyasar kepada guru-guru yang sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Kegiatannya pun masih diperkasai oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tangerang.

“Jadi baik guru-guru negeri SD dan SMP se Kota Tangerang akan kita perkuat lagi. Sehingga kedepan guru-guru ini menjadi profesional dan berkarakter,” ucap pria yang juga Ketua PGRI Kota Tangerang itu.

Jamaluddin menyatakan, tidak hanya memberikan penguatan berkarakter kepada guru THL di sekolah negeri dan yang berstatus PNS, Dinas Pendidikan Kota Tangerang juga bakal menyasar kepada guru swasta pada tahap ketiga. Hal itu pun agar menjadikan guru yang berkualitas.

“Untuk materinya itu tentang peluang keberhasilan dibalik guru, kedua etos kerja guru dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang handal, dan yang terakhir ini tentang kurikulum ‘ngumpet’ atau berkolaborasi dengan muatan sekolah penggerak serta membangun mindset guru berkarakter,” katanya.

Jamaluddin berharap dengan adanya kegiatan tersebut, sesuai dengan kompetensi guru harus menjadi pengajar kreatif, inovatif, berkominikatif, melek digital, berintegritas, pengembangan wawasan, dan berkarakter.

“Jadi kita juga harapkan, bagimu semua guru baik dari THL, PNS, dan guru swasta semua guru akan kita kuatkan lagi menjadi lebih baik lagi, menjadi profesional dan berkarakter. Sehingga pendidikan di Kota Tangerang ini menjadi lebih berkualitas lagi,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments