HUT RI 76

Komnas HAM Minta Polisi Transparan Soal Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pihak kepolisian transparan mengumumkan penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Polisi juga diminta segera mengungkap terjadinya lembaga itu di lalap si jago merah.

“Kita sudah kontak juga dengan Kapolda Metro Jaya (Irjen Fadil Imran) untuk benar benar melakukan satu penyidikan serius, mendalam untuk mencari penyebab, kenapa ini bisa terjadi,” ujar Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, Jum’at (10/9/2021).

Ahmad mengatakan, selain meminta pihak kepolisian transparan pihaknya juga meminta hasil dari penyelidikan itu diungkapkan secara objektif dan transparan ke publik.

“Hasilnya itu harus transparan sehingga semua masyarakat ini tahu apa yang sebetulnya terjadi,” katanya.

Bahkan menurut dia saat ini Komnas HAM telah melakukan persetujuan memorandum of understanding (MOU) dengan Dirjen Lapas dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, terkait pembenahan sistem lapas di seluruh Indonesia.

“Kita menginginkan ada perubahan dalam sistem kita. Masalah yang paling besar, bagaimana mengatasi overcapacity. Soal overcapacity ini sistemik, berhubungan langsung dengan sistem pemidanaan,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments