HUT RI 76

Lapangan Utama Jakarta International Stadium Mulai Dipasangi Rumput Hybird

JAKARTA,PenaMerdeka – Lapangan utama Jakarta International Stadium (JIS) mulai dipasangi rumput hybrid pada Minggu (19/9/2021). Adapun stadion yang berlokasi di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini dirancang untuk memenuhi standar Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Project Manager Jakarta International Stadium Arry Wibowo mengatakan, sebelum rumput hybrid digelar, dilakukan pekerjaan kontruksi terlebih dahulu untuk memperkuat struktur lapangan.

“Sebelumnya lapangan utama dibuat batu split dan di bawahnya banyak sekali jaringan utilitasnya. Gunanya agar pada saat hujan, lapangan tidak becek, karena bisa menyerap dalam hitungan detik,” kata Arry dalam keterangan yang diterima , Senin (20/9/2021).

“Lalu ada penyiraman otomatis melalui sprinkler untuk menjaga standar FIFA yang harus kami penuhi. Alhamdullilah saat ini sudah bisa kami lakukan uji coba pemasangan,” sambungnya.

Rumput hybrid merupakan perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami.

Komposisinya, 5 persen adalah rumput sintetis jenis Limonta asal Italia dan 95 persennya rumput alami dengan jenis varietas Zoysia Matrella yang didatangkan dari Boyolali, Jawa Tengah.

Ary menambahkan, kelebihan rumput hybrid di lapangan dapat digunakan hingga 1.000 jam pertandingan jika dibandingkan hanya menggunakan rumput natural, yakni hanya 300 jam pertandingan.

“Dengan memakai rumput hybrid, JIS dimungkinkan menghelat dua pertandingan dalam satu hari di pertandingan resmi berstandar FIFA,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments