HUT RI 76

Erick Thohir: Pendanaan Bank Syariah Tumbuh Menggeliat Ketimbang Bank Konvensional

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri BUMN, Erick Thohir menyebutkan, pembiayaan dari bank syariah tumbuh lebih menggeliat ketimbang bank konvensional. Kondisi ini terjadi di tengah pandemi covid-19.

“Dari laporan yang kami lihat dan kami telusuri memang pertumbuhan dari pendanaan syariah ini performance-nya saat ini lebih baik dari bank konvensional, di atas beberapa persen,” ucap Erick kepada Jokowi di tengah peresmian pabrik baja PT Krakatau Steel di Cilegon, Banten kemarin.

Kendati begitu, ia tidak memberi merinci data terhadap temuannya itu. Sementara berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyaluran pembiayaan bank syariah mencapai Rp253,63 triliun pada Juni 2021.

Nilainya tumbuh 14,2 persen dari Rp221,97 triliun pada Juni 2020. Sedangkan penyaluran kredit bank umum sebesar Rp5.644,85 triliun atau hanya naik 0,48 persen dari Rp5.617,71 triliun pada periode yang sama.

“Ini juga meyakinkan bagaimana bank syariah ini bisa juga menjadi alternatif keuangan syariah bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” katanya.

Ia melempar pujian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena hanya di era kepemimpinannya, Indonesia bisa mempunyai bank syariah yang masuk dalam 10 besar bank di Tanah Air.

Bank syariah yang dimaksud adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI yang merupakan hasil merger dari BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah.

Saat ini, BSI menduduki posisi bank terbesar ke-7 di Indonesia. Total aset yang dimiliki BSI mencapai Rp240 triliun sekaligus menjadikannya bank syariah terbesar di Indonesia.

“Alhamdulillah ini pertama kali di bawah kepemimpinan Bapak Presiden, Indonesia mempunyai bank syariah yang masuk 10 besar dari bank terbesar di Indonesia,” tuturnya.

Di sisi lain, Erick menyampaikan ke Jokowi bahwa ia ingin membawa BSI lebih besar lagi dalam lima tahun ke depan. Bahkan, ia ingin BSI bisa sebesar bank syariah yang ada di Arab Saudi hingga Uni Emirat Arab (UEA). “Sehingga kita secara global punya bank syariah,” pungkasnya. (uki)

Disarankan
Click To Comments