HUT RI 76

Mobilitas Penduduk di Jabar, Banten, Jateng, dan Jatim Meningkat Sebelum Pandemi

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, mobilitas penduduk di seluruh provinsi mengalami sejumlah peningkatan. Situasi ini diketahui dari pemantauan menggunakan data Google Mobility.

“Kami melakukan pemantauan pergerakan masyarakat menggunakan berbagai pendekatan, salah satunya adalah menggunakan data Google Mobility,” kata Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/9/2021) kemarin.

Menurut Nadia, beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur mengalami peningkatan pergerakan warga, bahkan melampaui sebelum pandemi Covid-19.

Ia mengingatkan bahwa peningkatan mobilitas tanpa protokol kesehatan ketat berpotensi menimbulkan gelombang kasus Covid-19 yang lebih besar.

“Tentunya hal ini menjadi perhatian kita semua, di mana kita pernah mengalami gelombang kasus yang sangat besar pada beberapa waktu yang lalu,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya gelombang ketigas, Kemenkes mendorong peningkatan cakupan vaksinasi, mematuhi protokol kesehatan, dan bekerja sama dengan petugas di lapangan untuk upaya pelacakan kontak karantina dan isolasi.

“Hal ini tidak lain adalah upaya kita untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Ingat setiap peningkatan mobilitas harus diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments