hsn ads Syarifudin Salwani

Megahnya Arsitektur Masjid Al Azhom Kota Tangerang, Sayang Jika Hujan Bocor!

AL AZHOM JADI IKON KOTA TANGERANG

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Masjid Al Azhom Kota Tangerang mengalami kebocoran di sejumlah titik akibat terjadi guyuran hujan lebat pada Kamis (19/5/2022) malam. 

Rumah ibadah kebanggaan umat muslim yang diresmikan pada Februari 2003 ini dari pantauan penamerdeka.com saat terjadinya hujan sudah diberikan penanda. Sebab adanya air pada lantai karena basah dari rembesan air dari atap masjid. 

Ada beberapa titik yang diberikan penanda oleh petugas agar jamaah tidak terpelset lantaran lantai dalam area Masjid Al Azhom licin basah akibat air hujan.

Beruntung, saat itu jamaah yang datang untuk menunaikan ibadah sholat isya tidak terlalu banyak. Adanya penanda pelarangan ke area basah juga membantu jamaah. Sehingga jamaah masjid melintasi area yang kering menghindari agar tidak jatuh terpeleset.

“Sayang sekali masjid ini (Al Azhom) sepertinya jadi tidak terawat. Khawatir saja jamaah bisa jatuh karena terpeleset di lantai. Bahaya itu mas,” kata Kusuma kepada penamerdeka.com, Kamis (19/5/2022) malam.

Dia menambahkan, pengunjung ke masjid sebenarnya bukan orang dewasa saja. Terkadang orang tua juga kerap mengajak anaknya untuk menyambangi masjid. 

Sebab, masjid al azhom merupakan tempat wisata religi juga bagi warga Tangerang. Jadi bukan saja menjadi tempat ibadah saja tetapi tidak jarang warga membawa keluarganya sengaja datang untuk berswapoto. Tak dipungkiri karena kagum dengan keunikan arsitektur yang dimiliki bangunan masjid.

img 20220519 wa0014
Masjid Al Azhom Kota Tangerang, Banten.

“Bukan saja khawatir karena terpeleset untuk anak-anak yang datang. Tapi perawatan yang saya khawatirkan ganggu kontruksi bangunan juga. Kena air hujan kok bocor gimana yah efek bangunannya padahal megah. Perawatannya harus diperhatikan berarti,” tukasnya.

Maka itu kata Kusuma yang mengaku sengaja mampir untuk menunaikan sholat lima waktu itu meminta Pemkot Tangerang memperhatikan bangunan masjid karena menjadi ikon kebanggaan warga.

“Sayang sayang, bangunan megah tapi ada hujan kok bocor. Kesannya sembrono gak dirawat,” ucapnya mengharap.

Informasi yang berhasil dihimpun Masjid Al Azhom dibangun pada tahun 1997. Dan proyek prestisius ini rampung tahun 1999. Sehingga masjid ini merupakan ikon bagi Kota Tangerang sebagai kota berjuluk Ahlakul Karimah.

Keberadaan masjid al azhom yang tepat berada di pusat Pemerintahan Kota Tangerang terlihat menawan dari segi arsitektur.

Kelima kubah yang bermakna lima rukun islam dan kewajiban shalat lima waktu tersebut bergaris total 63,3 meter. Yang menarik adalah pada bentangan atap kubah tanpa tiang penyangga. 

Keistimewaan tersebut hingga kini menjadikan al azhom sebagai bentangan kubah terbesar tanpa tiang penyangga. Tepat sejajar dengan titik temu empat kubah pada masjid itu. (red)

hsn ads Rafiudin akbar
Disarankan
Click To Comments