Fenomena Gerhana Matahari Sebagian Dapat Dilihat dari Daerah Bengkulu

Masyarakat Provinsi Bengkulu bagian selatan tepatnya Kota Manna, kejadian alam yang fenomenal ini akan terlihat selama 34 menit 1 detik menurut perkiraan BMKG.
Fenomena Gerhana Matahari sebagian diperkirakan dapat terlihat di 124 kota dan kabupaten di Indonesia, Kamis (1/9) pukul 17.53 WIB.

“Bengkulu merupakan wilayah yang beruntung, tidak semua daerah dapat melihat gerhana tersebut,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Geofisika Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Litman.

Beberapa daerah yang dapat mengamati gerhana matahari ini seperti Sumatra Barat bagian selatan, Sumatra Selatan bagian tenggara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, JawaTengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Gerhana Matahari sebagian ini hanya dapat diamati pada saat matahari terbenam, alurnya melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia.

Menurut Litman, wilayah Bengkulu yang terletak di Samudera Hindia menjadi wilayah strategis untuk menyaksikan gerhana dengan durasi lebih lama dibanding Gerhana Matahari total tersebut.

Menyaksikan Gerhana Matahari sebagian ini tidak harus menggunakan pelindung mata, seperti saat menyaksikan Gerhana Matahari total. (penamas)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah