Heboh! Produk Wine Kantongi Lebel Halal, MUI dan Kemenag Ungkap Fakta Ini

HINGGA TERSERTIFIKASI

JAKARTA,PenaMerdeka – Jagad media sosial heboh membahas produk minuman beralkohol wine dengan merek NABIDZ yang diklaim mengantongi sertifikat halal. 

Salah satunya akun Twitter @halalcorner memposting tangkapan layar pada Selasa (25/7/2023) pagi. 

Tampak, produk minuman fermentasi anggur itu dibuat sedemikian rupa hingga tersertifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Yang mengeluarkan fatwa halal adalah Komite Halal dibawah Kementrian Agama dengan jalur Halal Self Declare (tanpa audit),” cuit pengunggah.

Hingga Jum’at (28/7/2023) siang, unggahan itu telah menuai 870 tayangan, 2.334 twit ulang warga net, dan 4.419 suka. 

Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Niam menegaskan, penerbitan lebel halal produk dalam unggahan itu tak melibatkan MUI.

Produk minuman fermentasi anggur berkandungan alkohol itu tidak sesuai dengan standar fatwa halal MUI.

“Karenanya MUI tidak bertanggung jawab atas sertifikat halal tersebut,” ujarnya. 

Sementara itu Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama, Muhammad Aqil Irham menyebutkan, NABIDZ memang telah mendapatkan sertifikat halal. 

Namun, produk itu bukan wine melainkan minuman jus buah yang diajukan pada 25 Mei 2023 melalui mekanisme self declare dengan pendampingan Proses Produk Halal (PPH).

“Jika memang ada pelanggaran, tentu kita akan dengan tegas memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk pencabutan sertifikasi halal,” kata dia dalam keterangan. 

Saat ini pun, sertifikat halal bernomor ID131110003706120523 untuk produk jus buah anggur NABIDZ sudah diblokir. (jirur) 

Disarankan
Click To Comments