Pemprov DKI Jakarta Gelontorkan Rp1 Triliun Bangun RDF di Dua Lokasi

DI ATAS LAHAN 9,5 DAN 8 HEKTAR

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membangun fasilitas refuse-derived fuel (RDF) Plant. Rencananya pembangunan tersebut akan berlangsung di Rorotan, Jakarta Utara dan Pegadungan, Jakarta Barat. 

Untuk diketahui, RDF adalah hasil pengolahan sampah yang dikeringkan untuk menurunkan kadar air sampai <25 persen setelah sebelumnya dicacah terlebih dahulu untuk menyeragamkan ukurannya menjadi 2-10 cm. Karenanya RDF ini sering disebut sebagai keripik sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan RDF di Rorotan akan dibangun di atas lahan seluas 9,5 hektar. Sementara RDF Pegadungan bakal dibangun di atas lahan seluas 8 hektar.

“Jadi kita dikasih, disediakan lahan untuk membangun di Rorotan dan Pegadungan. Yang sudah kita coba untuk lihat kegunaannya itu di dua lokasi itu,” ucap Asep di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat kemarin. 

Asep mengatakan lahan yang akan dibangun RDF itu merupakan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diperuntukkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta.

“Iya mengalihkan penggunanya dari Distamhut kepada Dinas LH ,” ujarnya.

Asep berharap proses administrasi terkait rencana pembangunan RDF di dua lokasi itu selesai pada akhir 2023, sehingga pembangunan bisa dilakukan pada awal 2024. Menurutnya, DLH DKI Jakarta bakal membangun RDF di Rorotan telebih dahulu.

“Tahun depan, Januari itu kita sudah (mulai pembangunan), Desember Januari kita sudah pemilihan tender,” jelasnya. 

Asep menambahkan, anggaran pembangunan RDF masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024. Dalam hal itu telah mengalokasikan sekitar Rp1 triliun untuk membangun RDF Rorotan. (jirur)

Disarankan
Click To Comments