Asuransi Astra Tanam 1.000 Bibit Pohon Mangrove di KBA Kepulauan Seribu

LANGKAH SEDERHANA UNTUK LINGKUNGAN BERKELANJUTAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Asuransi Astra melalui kampanye #LangkahSederhana menanam sebanyak 1.000 bibit pohon Mangrove di Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (16/6/2024) kemarin.

Kegiatan tersebut selain melibatkan pelanggan asuransi mobil Garda Oto, bibit pohon Mangrove yang ditanam kali ini merupakan hasil donasi pelanggan itu sendiri karena telah membeli polis Garda Oto selama periode 1 April hingga 31 Mei 2024.

Chief Compliance & Risk Management Asuransi Astra, Widya Adi Tjahjono mengatakan, dimana dalam periode tersebut pihaknya melakukan gerakan #LangkahSederhana untuk Lingkungan Berkelanjutan, Beli Polis Garda Oto = Donasi 1 Pohon.

“Seperti diketahui Pohon Mangrove dianggap sebagai penyerap karbon yang sangat efektif karena dapat mengunci karbon dalam jumlah besar dan menghentikannya memasuki dan merusak lapisan atmosfer,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (16/6/2024).

Widya menjelaskan, sehingga dengan ditanamnya ribuan bibit Pohon Mangrove bersama Asuransi Astra ini diharapkan, cita-cita untuk mewujudkan net zero emission di Indonesia khususnya dapat terwujud. 

“Selain itu, pohon Mangrove juga dapat membantu daerah sekitar pesisir menghindari ancaman besar perubahan iklim seperti angin topan dan abrasi yang menjadi salah satu perhatian masyarakat sekitar khususnya di Pulau Pramuka karena memicu perubahan pada garis pantai,” paparnya.

Widya menyebutkan, guna memaksimalkan upaya menjaga kelestarian dan ekosistem, Asuransi Astra juga melakukan pembersihan pantai atau beach clean up terhadap sampah plastik yang mencemari kawasan pesisir pantai yang datang dari laut.

“Pembersihan kawasan pesisir terhadap sampah plastik ini dilakukan untuk melindungi garis pantai agar terhindar dari pencemaran sampah yang kian mengkhawatirkan,” katanya.

Sebab Widya melanjutkan, menurut data dari Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL), pada tahun 2022 tercatat ada 398 juta ton sampah plastik yang mencemari laut Indonesia.

“Kami juga melakukan rangkaian kegiatan pada hari ini juga dilengkapi dengan Workshop Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik melalui teknik Pirolisis, mengubah sampah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), teknik Eco Brick mendaur botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik,” katanya.

Widya menambahkan, dengan adanya workshop ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk melakukan daur ulang sampah yang dihasilkan masing-masing rumah tangga.

Berangkat dari hal itu, pengolahan sampah menjadi solusi terbaik masyarakat dalam membantu menjaga kesejahteraan lingkungan hingga menciptakan produk-produk ramah lingkungan yang bernilai ekonomi tinggi, serta membuka jalan bagi pemberdayaan masyarakat lokal.

“Karena juga Asuransi Astra ingin selalu bermanfaat bagi orang-orang di sekitar, semoga penanaman pada hari ini dapat memberikan manfaat nyata secara berkesinambungan untuk berbagai pihak serta dapat benar-benar mewujudkan lingkungan berkelanjutan di KBA Pulau Pramuka,” tukasnya. (Hisyam)

Disarankan
Click To Comments