Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pilkada Banten Rawan Eksodus Mobilisasi Pemilih Gelap

0 81

Eksodus atau perpindahan warga menjelang Pilkada Banten, diprediksi bakal terjadi. Apalagi daerah Tangerang Raya yang berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta, seperti Kota Tangsel, Kota Tangerang ataupun Kabupaten Tangerang.

Informasi yang berhasil dihimpun soal potensi adanya pemilih gelap adalah ketika tim pemenangan salahsatu pasangan calon peserta Pilkada Banten bisa memanfaatkan surat keterangan warga yang belum mengantongi e-KTP.

Lantas mereka ‘menitipkan’ warga membuat surat keterangan tersebut sebagai alasan untuk memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Ketua KPU Kota Tangsel Subhan mengatakan, adanya warga Jakarta yang punya NIK Banten membuktikan kalau persoalan pemilih belum sepenuhnya rampung. Bukan tidak mungkin hal serupa terjadi, misal pemilih di Banten yang memiliki NIK DKI Jakarta.

Guna mencegah terjadinya pemilih DKI nyoblos di Banten, pihaknya terus melakukan sejumlah antisipasi. Seperti saat pencocokan dan penelitian harus secara detail. Jangan sampai ada yang tertinggal. Ini untuk mengantisipasi terjadinya pemilih DKI atau daerah lain terdata di Kota Tangsel.

Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) juga diintesifkan. Hal ini juga untuk mencegah ada warga dengan KTP Tangsel namun NIK masih daerah asal.

“Kita ingin persoalan ini bisa selesai sebelum pencoblosan. Jangan mau pemilu muncul pemilih yang bermasalah,” ungkap Subhan.

Maka itu pihaknya terus lakukan pendataan secara menyeluruh agar tidak ada persoalan data pemilih menjelang Pilgub Banten.

“Habis rapat koordinasi dengan KPU DKI memang banyak ditemukan warga Banten yang ikut terdata sebagai pemilih di Jakarta. Jumlahnya sekira 40 ribuan. Kita juga terus lakukan singkronisasi karena tidak menutup kemungkinan orang Jakarta yang nyoblos di DKI,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan persoalan NIK memang kerap terjadi. Hal itu sulit diantisipasi karena perpindahan di daerah perbatasan jumlahnya masif. Dampak ada saja yang tercecer, misal warga Tangerang yang sudah pindah dan punya KTP Jakarta, namun NIK masih di Banten.

Ini disebabkan permasalahan administrasi yang harus diselesaikan. Jangan sampai menjadi persoalan menjelang Pilgub Banten nanti. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...