DPRD Tangsel Apresiasi Pembentukan Satgas, Uang Pungli Mengalir ke PAD

0 126

DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambut baik komitmen Pemkot membentuk Tim Satgas (Satuan tugas) pemberantasan pungutan liar (Pungli). Adanya Satgas disebutkan selain meminimalisasir pungli juga menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Wakil Ketua DPRD Tangsel Ahadi mengatakan, jika pungli bisa ditekan, uang dari beberapa pungutan akan mengalir ke PAD. Otomatis pemasukan kas daerah akan bertambah. ”Banyak efek baiknya kalau pungli bisa ditekan. Apalagi jika sampai zero pungli dampaknya positif untuk menambah uang kas daerah,” katanya, Minggu (23/10) kemarin.

Pemerintahan yang bersih bisa meyakinkan pengusaha dalam menanamkan investasinya. ”Bebas pungli bisa menumbuhkan perekonomian Pemkot Tangsel. Apabila PAD besar banyak yang bisa dibangun untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menilai adanya satgas pungli ini tidak akan mengurangi pendapatan pegawai, terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kesejahteraannya sudah cukup baik.

”Bicara kemakmuran PNS Tangsel, pada sejahtera. Enggak usah pungli sudah kaya. Buktinya dengan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) yang nominalnya lumayan tinggi,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, TPP sudah ada yang mencapai puluhan juta. Seperti eselon dua, TPP perbulannya mencapai Rp12 juta, non PNS juga mendapatkan TPP sebesar Rp2 juta. Sedangkan untuk staf PNS disesuaikan dengan golongannya. ”Masa sudah diperhatikan kesejahteraannya masih mau bermain dengan uang hasil pungli. Kan lucu,” katanya.

Dengan pendapatan sebesar ini namun masih cari seseran, berarti ada yang salah. Solusinya karakter mentalnya harus diminimalisir atau diberantas. Terlebih di bidang pelayanan publik. Sangat riskan terjadi pungli karena godaannya besar. ”Perlu mental yang kuat, untuk berkomitmen tidak melakukan aksi pungli,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkot Tangsel akan membentuk satgas pemberantasan pungli. Dibentuknya satgas ini sesuai instruksi Presiden Jokowi untuk sapu bersih pungli.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel Muhamad mengatakan, satgas pemberantasan pungli ini bertugas mengawasi kegiatan SKPD.

”Semua instansi bakal dipelototi. Jangan ada yang pungli. Namun yang berkaitan dengan pelayanan itu mendapat perhatian lebih. Jangan main-main. Ketahuan kita tindak tegas,” katanya, saat ditemui Puspem Tangsel, Jumat (21/10) pekan lalu. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Pilkada Tangsel 2019
Disarankan
Loading...