Belanja Aman dan Nyaman Saat Harbolnas 2016, Waspadai Online Scams

PenaMerdeka = Sudah tidak mengherankan bila kegiatan belanja online menjadi salah satu aktivitas keseharian yang kerap dilakukan para pengguna internet. Terlebih pada pada saat moment tertentu seperti 12-14 Desember ini, saat akan digelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016, hari yang dinantikan oleh para pencinta belanja online.

Demi untuk mengajak masyarakat Indonesia dapat merasakan belanja online lebih mudah, lebih nyaman dan juga lebih aman, Indonesia Online menjadi tema yang digunakan pada pergelaran Harbolnas 2016.

Pesta belanja online terbesar pada akhir tahun ini dipastikan akan ada sekitar 200 e-commerce yang akan turut berpatisipasi. Untuk menarik minat para pengguna internet membelanjakan uangnya, e-commerce yang ambil bagian dalam Harbolnas ini akan menawarkan diskon gila-gilaan.

Prediksi dari hasil transaksi yang akan terjadi pada penyelenggaraan Harbolnas 2016 ini diperkirakan mencapai 6,3 triliun rupiah, asumsi ini mencapai dua sampai tiga kali dari transaksi yang terjadi pada tahun 2015.

Nilai transaksi pembayaran onlline yang besar ini tentu akanmenjadi perhatian banyak pihak termasuk didalamnya para pelaku kejahatan cyber yang sudah barang tentu tidak akan berdiam diri. Untuk itu patut bagi pencinta belanja online agar lebih waspada online scams (penipuan online) dalam transaksi sebab moment seperti ini menjadi kesempatan aksi penipuan.

Konsumen diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan lebih teliti saat sedang berbelanja online karena jenis penipuan online selain merusak reputasi e-commerce di Indonesia juga akan merugikan pelanggan secara financial. (penamas)

Click To Comments