Zulfikar Demokrat

Pilgub Banten, KPU Tangsel Butuh 19.845 Tenaga KPPS

0

TANGSEL, PenaMerdeka – Pencoblosan Pilgub Banten tinggal dua bulan lagi. KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini dikejar waktu guna menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang belum rampung.

Salah satu yang kini dikerjakan adalah rekruitmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang sudah pada tahap uji publik dari 22-28 Desember.

Kebutuhan anggota KPPS mencapai 19.845. Dimana masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) ada lima anggota KPPS ditambah dua anggota keamanan. Mereka ditempatkan pada 2.202 TPS yang tersebar di tujuh kecamatan.

Anggota KPU Kota Tangsel Badrussalam mengatakan, rekruitmen anggota KPPS sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Warga yang mendaftar berlatar belakang pegawai negeri, swasta, hingga pedagang. Syarat untuk menjadi anggota yakni bisa baca tulis, berusia di atas 25 tahun hingga sehat jasmani dan rohani.

“Partisipasi orang yang ingin menjadi anggota KPPS tinggi. Buktinya semua kuota di tiap TPS sudah dipenuhi. Sekarang tinggal uji publik saja sampai 28 Desember,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (24/12).

Badrussalam mengatakan, pendaftar anggota KPPS ini nanti akan ditempel di masing-masing RT/RW hingga tingkat kecamatan. Bila pendaftar ada yang bukan orang Tangsel warga bisa melaporkan. Nanti akan dikroscek, bila benar bisa didiskualifikasi.

Tenaga KPPS mendapatkan honor berbeda-beda. Untuk ketua diberikan Rp500 ribu, anggota Rp450 ribu, sedang petugas keamanan Rp400 ribu. Mereka akan bertugas selama pencoblosan saja. Meski begitu, pembekalan tetap diberikan agar saat menjadi petugas KPPS tidak ada kesalahan. Menurutnya anggota KPPS merupakan garda terdepan sukses atau tidaknya pemilu (pilgub Banten).

“Saya berharap petugas KPPS memiliki integritas yang baik dan kapasitas,” imbuhnya.

Ia yakin dengan pembekalan akan meminimalisasi terjadi kesalahan. Minimal mereka paham tata cara pemilu dan lain sebagainya. Termasuk soal sah atau tidaknya suara. Ini yang harus diperhatikan saat pencoblosan nanti.

Ketua KPU Kota Tangsel M Subhan mengaku tahapan pilgub Banten sudah sesuai jadwal yang ada. Untuk pilgub ini, pihaknya hanya membantu saja, sedang operatornya adalah KPU Banten. Jelang pencoblosan, semua tahapan telah dilalui tanpa ada kendala apapun.

“Harapannya semua berjalan lancar hingga saat pencoblosan nanti. Begitupun ketika proses rekapitulasi dan proses penetapan nanti,” ungkap Subhan.

Sekadar diketahui pesta demokrasi di pilgub Banten diikuti dua pasangan calon. Yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno- Embay Mulya Syarief. (sauqi)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ante. facilisis accumsan ipsum felis leo. porta. quis,