Zulfikar Demokrat

Pemkot Tangerang dan Kemenag Bakal Komunikasi Soal Madrasah Negeri

0

TANGERANG, PenaMerdeka – Untuk merealisasi rencana pembangunan sekolah madrasah negeri pihak Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan koordinasi lebih dahulu dengan Kemenag Kota Tangerang. Karena terkait penyelenggaraan sekolah madrasah harus bersinggungan dengan pemerintah pusat.

“Kendala untuk membangun sekolah negeri baru di Kota Tangerang memang lahan, tetapi persoalan regulasi pengadaan lahannya harus seperti apa akan kita pelajari dahulu. Kita akan membicarakan persoalan ini dengan Kemenag Kota Tangerang,” ucap Syaipul Rohman, Asisten Daerah (Asda) 1, Kota Tangerang saat dikonfirmasi PenaMerdeka.com, Minggu (25/12).

Kalau soal lahannya akan kita upayakan, karena menurutnya siswa yang mengenyam sekolah madrasah negeri juga pasti masyarakat Kota Tangerang. Tetapi yang penting dan harus kita pelajari kata Syaipul menegaskan, adalah regulasi pengadaan lahannya yang harus disediakan harus seperti apa belum diketahui.

“Animo masyarakat Kota Tangerang untuk sekolah di madrasah negeri memang lumayan banyak. Apalagi kota Tangerang berjuluk Ahklakul Karimah pasti Pemkot Tangerang akan mendorong,” ucapnya.

Terkait dengan asset lahan milik Pemkot Tangerang menurut Syaipul saat ini pihaknya sedang mengupayakan kepada pengembang yang belum menyerahkan segera menyerahkan lahan tersebut. Kami akan mengambil langkah hukum supaya lahan fasos fasum bisa diserahkan ke Pemkot.

“Banyak pengembang yang belum menyerahkan lahan fasos fasumnya. Dan bahkan sudah tidak ada. Kita ingin ada percepatan penyerahan fasos fasum dari pengembang. Makanya kedepan langkah hukum akan kita upayakan. Nanti pengadilan yang akan menentukan,” ucap Syaipul.

Syaipul menjelaskan, kalau dari lahan fasos fasum itu nanti luasnya memungkinkan dan regulasi soal pengadaan lahannya sudah jelas kita bisa bicarakan dengan Kemenag Kota Tangerang untuk membangun sekolah madrasah.

Sebelumnya, Dedi Mahpudin, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tangerang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang harus satu visi dan misi untuk membangun pendidikan madrasah. Terlebih untuk pembangunan pendidikan sekolah berbasis madrasah karena geliatnya cukup signifikan.

Pasalnya hingga kini kata Dedi beralasan, jumlah sekolah tingkat madrasah negeri masih minim. Di Kota Tangerang jumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri hanya satu sekolah, Madrasah Tsnawiyah (Mts) Negeri ada 3 dan terakhir Madrasah Aliyah Negeri (MAN) ada 2 sekolah.

Disebutkan, lahan adalah salah satu kendala untuk membangun sarana tersebut. Terkait dengan anggaran, pihak Kemenag Kota Tangerang akan menggelontorkan dana ketika lahan sudah diberikan oleh pemerintah kota.

“Tahun 2017 pihak kami akan mengkomunikasikan persoalan ini kepada Walikota. Karena anggaran di Kemenag tidak ada untuk pengadaan lahan,” kata Dedi Mahpudin kepada PenaMerdeka.com, beberapa waktu lalu.

Prosesnya kata Dedi Miptahudin kita akan minta lahan dahulu ke Pemkot Tangerang, setelah diberikan lahannya nanti proses administrasinya akan diurus. (yuyu)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Sed ut velit, sem, nec Lorem