kanal partai gerindra

Kuota Haji Bertambah, Wajar karena Indonesia Miliki Warga Muslim Banyak

0

Jakarta,PenaMerdeka – Pemerintah Arab Saudi memberi kebijakan untuk menambah kuota haji. Disebutkan sangat wajar karena Indonesia mempunyai penduduk Muslim terbesar di dunia. Peningkatan jumlah kuota itu didapat setelah pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota normal Indonesia sebelum 2013 sebanyak 211.000 dan menambah 10.000 sesuai permintaan pemerintah Indonesia.

“Arab Saudi juga menyetujui permintaan tambahan kuota untuk Indonesia dan memutuskan pemberian tambahan 10.000. Dengan demikian, kuota haji untuk Indonesia tahun 2017, dari 168.800 menjadi 221.000. Indonesia memperoleh kenaikan sebesar 52.200,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pengumuman di Istana Merdeka, pada Rabu (11/01).

Menurut Jokowi, keberhasilan menambah kuota haji merupakan hasil kunjungan kerja ke Arab Saudi pada September 2015 silam ditambah dengan pembicaraan tindak lanjut oleh Menteri Agama Lukman Syaifuddin dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai presiden menemui Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammad bin Salman, pada September 2016 di Hangzhou, Cina.

Sementara Wakil Ketua Komisi bidang Keagamaan DPR Sodik Mudjahid mengatakan ada dua tahap yang dilakukan dalam memperjuangkan masalah kuota haji dengan pemerintah Arab Saudi.

“Pertama adalah memperjuangkan normalisasi kuota dan kedua memperjuangkan penambahan kuota,” kata Sodik dalam pesan tertulisnya seperti dilansir viva.com, Kamis 12 Januari 2017. Tahap satu, kata dia, telah dilalui. Dengan normalisasi kuota, dia berharap Kementerian Agama pula bisa melipatgandakan kesiapannya sehingga penambahan kuota tidak justru menambah masalah nantinya.

“Normalisasi kuota bisa memotong antrean 2 sampai 3 tahun,” ujar Sodik.

Sementara mengenai permintaan tambahan kuota jemaah haji untuk Indonesia sebesar 10 ribu jemaah yang sudah disetujui Arab Saudi, menurut dia adalah hal yang wajar. Hal itu berdasarkan rasio penduduk Indonesia dan jumlah antrean jemaah haji.

Penambahan itu dianggap penyesuaian dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia saat ini. Sesuai dengan kesepakatan Organisasi Konferensi Islam (OKI), jumlah haji yang dipertimbangkan adalah 1 berbanding 1000 jumlah penduduk.

“Memang jumlah yang sesuai dengan jumlah penduduk muslim Indonesia saat ini,” kata Politikus Gerindra itu. Kuota haji untuk Indonesia pada 2017 bertambah dari 168.800 menjadi 221.000. Dengan demikian kuota mengalami kenaikan sebesar 52.200 jemaah. (deden/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

in ut Aliquam vulputate, libero. libero elementum facilisis