Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Disperindag Kota Tangerang Minta Kelurahan Siapkan Lahan Pasar Lingkungan

0 91

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Peindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang pada tahun 2017 akan membangun sebanyak 15 pasar lingkungan di setiap kelurahan. Seluruh kelurahan sudah dilayangkan surat untuk memberikan kepastian terkait dengan kesiapan lahan pasar lingkungan.

“Agenda kegiatan pembangunan tahun 2017 salah satunya pembangunan pasar lingkungan di kelurahan yang ada di Kota Tangerang. Batas akhir sampai bulan April. Kalau sekarang sudah disiapkan administrasi lahannya, pas di bulan April 2017 kita sudah siap mulai membangun, September mudah-mudahan bisa rampung. Jadi lahan pasar lingkungan sudah harus dikejar,” kata Junizar Kabid Perdagangan Disperindag Kota Tangerang, kepada PenaMerdeka.com, Jumat (3/2).

Surat koordinasi untuk penyediaan lahan sudah kami layangkan ke 104 kelurahan yang ada di Kota Tangerang, kami memang meminta partispasi kelurahan dan kecamatan supaya menyiapkan lahan pasar di daerahnya masing-masing.

Ketika sudah dipastikan bahwa lahan tersebut dari fasos dan fasum, maka harus diberikan kepastian secara administrasi milik asset Pemkot Tangerang.

“Tapi Disperindag juga memberikan opsi kepada pihak kelurahan jika tidak ada lahan pasar dari fasos fasum maka mengusulkan pengadaan tanah dan hibah tanah sebagai pengganti lahan,” tutur Junijar.

Luas lahan pasar lingkungan yang dibutuhkan maksimal sampai 500m2, karena untuk fisik pembangunannya hanya membutuhkan 90m2 saja. Sisanya dari pembangunan fisik untuk keperluan lain seperti seperti salah satunya peruntukan lahan parkir.  Kata Junijar bahwa target Pemkot Tangerang adalah mengejar di setiap kelurahan harus ada pasar lingkungan.

“Kalau yang sudah siap memastikan ketersediaan lahan akan kita catat. Sekarang ini yang sudah menyatakan siap lahan yakni hanya Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah dan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci. Pembangunanya pada 2017 ini ada sebanyak 15 pasar lingkungan,” ucapnya menegaskan.

Target anggaran untuk satu pembangunan pasar lingkungan kurang lebih dikisaran Rp. 180 s/d 190 juta. Anggaran total yang diambil dari APBD 2017 untuk pembangunan 15 pasar lingkungan dan 1 pasar di kecamatan kata Junijar kurang lebih sekitar Rp. 8 miliar.

Terkait pengelolaan pasar lingkungan, nanti PD Pasar yang akan mengelolanya. Kita hanya memberikan fasilitasnya saja. Kami berharap dari pihak kelurahan bisa mendorong supaya proses pembangunan berjalan lancar. Pada tahun 2016 lalu sudah terealisasi pembangunan pasar lingkungan di 5 kelurahan.

“Yaa mendorong ketersediaan lahan dan persetujuan masyarakat setempat. Jangan sampai jika lahannya sudah siap tetapi warga menolak. Yang tidak kalah penting adalah menunjuk lokasi lahan peruntukan pasar yang ideal,” katanya menegaskan.

Pasalnya ia beralasan, kalau sudah ditunjuk lokasi pasar secara letak yang refsentatif maka masyarakat sekitar akan terbantu. Tidak harus keluar jauh mencari kebutuhan sayur mayur dan yang lainnya, sesuai dengan konsep pasar tradisional.

Lebih dalam menurut Junijar, para pedagang setempat juga bisa diberdayakan, kan kalau mangkal di satu tempat tidak di sembarang lokasi akan lebih tertata.

“Ini sesuai arahan dari pak Walikota Tangerang. Maka dari itu sebelum membangun kami harapkan dari lurah dan camat setempat sebaiknya selain mengejar lahan pasar lingkungan tetapi harus mendorong kepada warganya tentang positifnya program pembangunan pasar lingkungan,” ucapnya. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...