BNN Bongkar Pemasok Blue Safir dan Snow White Tangsel

KOTA TANGSEL, PenaMerdeka – Petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta dan Badan Narkotika Nasional (BNN), berhasil mengungkap peredaran narkotika blue safir dan snow white, narkoba  jenis baru itu sudah lama beredar di wilayah Tangerang Selatan.

Erwin Situmorang Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta mengatakan bahwa narkoba jenis baru itu diedarkan dalam bentuk cair yang dikemas dalam botol kecil. Bahkan menurutnya barang tersebut sudah lama beredarnya, semenjak ada penetapan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kalau barang tersebut mengandung Katinon.

“Baru kami menindak lanjuti, dan ini merupakan jenis narkoba golongan satu,” tutur Erwin Jumat (3/2)

Awal pengungkapan narkotika blue safir dan snow white kata Erwin menegaskan bahwa pihaknya menyelidiki paket yang berisikan cairan dari Tiongkok serta melakukan pengujian laboratorium dan BNN juga melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan hasil positif mengandung zat senyawa sintetik turunan katinon.

“Ketika dilakukan pemeriksaan serta diuji laboratorium ternyata cairan blue safir dan snow white itu positif mengandung katinon, dan Kemudian dikoordinasikan dengan BNN,” terangnya.

Ia menambahkan, paket narkotika jenis baru tersebut dikirim ke ruko Boulevard Blok C 15, Serpong Tangerang Selatan. “Petugas langsung melakukan penggerebekan dan mengamankan sejumlah barang bukti di lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Heri Istu Kepala BNN Kota Tangerang Selatan menyebutkan, kasus itu memang sudah lama terendus.

Kata Heri jajarannya sempat melakukan penyidikan terhadap peredaran narkotika jenis baru yang memiliki nama khas Snow White dan Blue Safir di tempat hiburan malam Matador di Tangerang Selatan.

“Kasus yang lama kami laporkan ke BNN pusat. Kami kirim sampel ke BNN Pusat. Tapi, saat itu aturannya belum ada bahwa Blue Safir dan Snow White masuk dalam jenis narkoba sintetis senyawa,” tutur Heri.

Sempat beberapa waktu yang lalu Kashuri Kepala BPOM Banten, menyebutkan minuman Snow White dan Blue Safir tidak mengandung unsur narkoba.

“Enggak ada unsur narkotikanya ini,” katanya. (man)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah