Swing Voter Pilkada Banten, Efek Head to Head Merapat ke WH-Andika

0 40

BANTEN,PenaMerdeka – Masyarakat Banten yang mempunyai hak pilih tetapi belum menentukan pilihan atau massa swing voter Pilkada Banten diyakini Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin dengan sejumlah alasan mengarah ke pasangan nomor urut 1 Wahidin Halim dan Andika Hazrumy.

“Dinamika Pilkada Banten memang sedikit berbeda dengan daerah lain untuk memilih calon pemimpinnya, pasangan nomor urut 1 dan 2 yakni Wahidin Halim–Andika Hazrumy (WH-Andika) dan Rano Karno-Embay Mulya Syarief kedua paslon head to head memperebutkan massa terutama menjelang pelaksanaan supaya dapat merebut swing voter Pilkada Banten,” kata Fadjar ketika dihubungi PenaMerdeka, Minggu (4/2).

Kata Fadjar, makanya incumbent tidak diuntungkan dalam posisi head to head karena kecenderungan swing voter menunggu, dan ketika diakhir waktu mereka mengambil sikap untuk memilih non incumbent.

“Pasalnya swing voter pasti menilai rekam jejak pasangan incumbent, dan berupaya mencari tahu paslon baru. Apalagi jika paslon mempunyai pengalaman maka ia dipastikan akan memilih pasangan dengan alasan perubahan,” katanya menjelaskan.

Tetapi logikanya kita pertegas, bahwa seorang incumbent dengan tingkat popularitas hampir 100% tetapi dengan elektabilitasnya sekarang ini sudah dikejar paslon WH-Andika berarti ada persoalan bagi pasangan nomor 2.

“Apakah dari kepribadian, kinerja sehingga tingkat keberhasilan memimpin Banten diragukan masyarakat. Makanya swing voter ini dipastikan akan merapat ke WH-Andika, apalagi tingkat popularitas WH-Andika kini sudah hampir menyamai Rano Karno, otomatis maka swing voter Pilkada Banten mengarah ke pasangan nomor urut 1,” katanya menjelaskan.

Swing voter ada dari berbagai usia, ada yang pemilih tradisional dan tidak untuk pemilih pemula tergantung kinerja tim untuk merebut posisi usia muda. Biasanya kata Fadjar muda seperti mereka tergantung siapa yang mengajak, tinggal diarahkan saja.

“Terkait swing voter Pilkada Banten untuk semakin memperkuat suara mau lari kemana tinggal melihat masing masing kinerja tim pasangan calon. Sangat dimungkinkan dan mempengaruhi pemenangan suara,” ucap Fadjar.

Seperti diketahui Pilkada Banten hanya diikuti oleh dua pasangan calon, yakni WH-Andika dan Rano Karno-Embay. Pasangan calon WH-Andika Hazrumy diusung oleh 7 parpol ditambah dengan Partai Perindo. Sementara Rano-Embay mengantongi usungan 3 parpol. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...