kanal partai gerindra

Sempat Terkendala Lahan, Depo Arsip Diharapkan Jadi Pusat Data di Tangsel

0

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Pemkot Tangsel berencana membangun depo arsip di Kecamatan Setu. Pembangunan sempat terkendala soal permasalahan lahan hingga membuat pengerjaannya terkatung-katung.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Dadang Raharja mengungkapkan depo ini akan dibangun di tanah seluas 2.000 meter persegi. Bakal ada lima lantai yang akan dibangun di tanah tersebut.

”Adanya pembangunan depo arsip ini semoga bisa menampung arsip daerah serta menjadi rujukan tempat penyimpanan data,” katanya, Minggu (5/2).

Ia mengungkapkan, keberadaan depo ini tentu sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Tangsel. Sebab depo ini akan menyimpan seluruh dokumen dan data-data penting kota Tangsel sejak baru berdiri.

Tidak hanya itu, Dadang juga menjelaskan bahwa Pemkot berencana membuat Perpustakaan Daerah yang lebih layak.

”Kita kerap kedatangan tamu pembaca seperti pelajar dan umum yang membuatuhkan referensi. Tapi ketika dilihat tempatnya tidak mendukung. Karena itu saya sampaikan kepada walikota untuk ada gedung perpustakaan baru dan nyaman, ya sedang direncanakan,” katanya.

Yang akan dibangun berada persis di belakang kantor Inspektorat. Pembangunan gedung berpindah lokasi dari rencana awal yang berada di belakang Pasar Modern, BSD, dengan lahan seluas 3.500 meter persegi.

Untuk studi kelayakan, katanya, sudah dilaksanakan sejak 2012, sedangkan untuk Detailed Engineering Design (DED) juga telah dirampungkan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, arsip menjadi skala prioritasnya agar bisa segera dibangun. Apalagi keberadaan depo cukup penting karena menyimpang sejumlah data yang menyangkut sejarah Kota Tangsel.

“Semua akan tersimpan di depo arsip. Bisa kelihatan itu perkembangan Kota Tangsel dari tahun ke tahun. Bisa juga dijadikan bahan evaluasi agar bisa terus berkembang,” katanya. (deden)

Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

consectetur tempus Aliquam mattis felis venenatis,