Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Realisasi Kampung Wisata Betawi Kota Tangerang Ditunggu Masyarakat

0 158

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Sejumlah program mengangkat kawasan wisata yang sedang dan tengah dijalankan di Kota Tangerang disambut antusias. Terkait rencana pembangunan kampung wisata betawi yang akan dibangun di wilayah Kelurahan, Paninggilan, Ciledug, Arief R Wismansyah Walikota Tangerang sudah meninjau lokasi langsung.

“Masyarakat menyambut positif, mereka menunggu soal rencana kampung wisata yang akan dibangun di wilayah Paninggilan karena pastinya akan banyak membawa nilai positif bagi masyarakat setempat dan lainnya,” kata Mas’ud, Lurah Paninggilan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Senin (13/2).

Walikota Tangerang sudah datang melihat langsung ke lokasi, dan lahan yang diperuntukan untuk kampung wisata betawi menurutnya sudah menjadi asset Pemkot Tangerang. Saat ini lahannya masih kosong tidak ada bentuk bangunan lain.

“Sudah tercatat sebagai asset Pemkot Tangerang. Bukti surat ukur bidang tanah sudah kita kantongi dengan nomor 193. Luas lahan yang tersedia kurang lebih sekitar 1000m2. Memang dari lokasi yang tersedia ada sekitar 50m2 yang harus dibebaskan untuk akses masuk ke lokasi kampung wisata betaw,” ucapnya menjelaskan kepada PenaMerdeka.com.

Kedepan ia sangat setuju dengan usul Walikota Tangerang karena saat ini masyarakat dan khususnya pemuda betawi sudah tidak hafal dengan budayanya sendiri. Konsep pengenalan akan kita jalankan supaya mereka mengenal kembali nilai budaya betawi.

“Di Kampung Wisata Betawi akan di kenalkan budaya dari wisata kuliner, alat musik, pakaian, seni beladiri khas betawi dan keragaman yang dimiliki budaya tersebut. Kita juga akan sediakan juga pelatihan dan pembelajaran serta wadah prestasi kesenian untuk anak sekolah,” ungkapnya bersemangat.

Mas’ud menjelaskan bahwa kami akan menggelar latihan senibeladiri khas betawi kepada pemuda di lokasi ini. Begitu juga dengan kuliner dan cindera mata akan kita kedepankan juga seagai program khas dari kampung wisata betawi.

Mereka yang akan menggunakan fasilitas kampung wisata bisa saja menggunakannya karena kami juga dalam proses pengembangannya akan melibatkan sekolah.

Untuk sementara bisa saja kami melibatkan siswa TK, SD, SMP, SMA sederajat baik negeri maupun swasta memajukan asset wisata ini yang ada di Kecamatan Ciledug.

“Insya Allah setelah maju kita kembangkan dan promosikan ke wilayah Kota Tangerang lain. Bisa saja kalau pengelolaannya bagus akan bisa menjadi perhatian wisatawan mancanegara. Ini tentunya akan bermanfaat bagi kita semua sesuai harapan dan anjuran walikota,” ucap Mas’ud menegaskan.

Kami dari pihak Kelurahan Paninggilan sudah mengunjugi kawasan yang sama di Kota Tangerang Selatan. Mudah mudahan bisa terealisasi Dan paling tidak konsepnya sudah kita lihat untuk membangun kampung wisata betawi. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...