Frank Walter Steinmeier Terpilih sebagai Presiden Baru Jerman

BERLIN, PenaMerdeka – Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Frank Walter Steinmeier terpilih menjadi Presiden baru Jerman pada Minggu (12/2). Selama ini, Steinmeier juga dikenal sebagai kritikus yang vokal terhadap komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan menggambarkan Trump pada bulan Agustus lalu sebagai “pengkhotbah kebencian”.

Frank Walter Steinmeier Pria berusia 61 tahun ini memenangkan 931 dari 1.239 suara sah oleh anggota parlemen dan perwakilan dari 16 negara bagian. Terdapat 103 suara abstain dan yang tidak sah 14 suara.

Dia merupakan politikus Sosial Demokrat yang menjabat Menteri Luar Negeri hingga bulan Januari lalu di bawah Angela Merkel Kanselir Jerman saat ini, seperti dilansir CNN, Senin (13/2/2017).

Sebagai lembaga eksekutif, jabatan presiden di Jerman merupakan jabatan yang sedikit memiliki kekuasaan karena kanselir adalah kepala pemerintahan yang paling tinggi.

Seusai dipilih menjadi Presiden baru Jerman Steinmeier mengatakan “Negara ini menjadi jangkar harapan bagi banyak negara di dunia,” ujarnya.

Ia juga menambahkan “Kita memberikan keberanian untuk orang lain, bukan lantaran semuanya positif akan tetapi kita telah memperlihatkan bahwa semuanya itu dapat menjadi positif,” imbuhnya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa mantan Menteri Luar Negeri Frank Walter Steinmeier difavoritkan menjadi pengganti Joachim Gauck sebagai Presiden baru Jerman. Hal tersebut lantaran Joachim Gauck (77 ) merasa sudah terlalu tua, dan ia tidak ingin melanjutkan jabatannya di periode kedua selama lima tahun ke depan. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah