KPU Kota Tangerang Larang Pemilih Bawa HP atau Kamera ke Bilik Suara

KOTA TANGERANG, PenaMerdeka – Sanusi Pane Ketua (KPU) Kota Tangerang melarang masyarakat yang akan hadir ke tempat pemungutan suara (TPS), di Pilkada Banten  besok membawa HP atau Kamera kedalam bilik suara.

“Masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan, itu tidak boleh membawa Kamera atau Handpone yang berkamera kedalam bilik suara. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan pilihan,” kata Pane kepada PenaMerdeka.com Senin (13/02).

Menurutnya, pada hari pencoblosan pemilih boleh membawa HP saat hadir ke TPS. Namun, HP atau Kamera yang dibawa tersebut dapat dititipkan pada petugas ketertiban ketika hendak melakukan pencoblosan di bilik suara.

“Jadi nanti petugas yang berjaga, akan melakukan pemeriksaan lebih dulu pada pemilih untuk memastikan membawa alat perekam atau tidak,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, hal tersebut dilakukan karena sudah menjadi ketentuan dan aturan dari penyelenggara pilkada untuk dapat dipatuhi oleh pemilih.

“Kami berharap pada hari pencoblosan ketika warga datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, dan tidak membawa alat perekam apapun. Baik dalam bentuk suara, gambar maupun video kedalam bilik suara,” tandasnya

Pane kembali menegaskan, pada intinya masyarakat tidak mengabadikan hasil pilihannya dengan HP atau Kamera. Karena, pilkada Banten ini memiliki asas luber serta jurdil.

“Harus dirahasiakan pilihan masyarakat, untuk menghindari sesuatu yang mengancam keselamatan pemilih ketika berbeda pilihan dengan pihak lain,” pungkasnya. (felani)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah