Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Dua Poin Penting Dibahas Dalam Pertemuan Kominfo dengan Facebook

JAKARTA, PenaMerdeka – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, bertemu dengan perwakilan Facebook dari tim Global Head of Content Policy dan Head of Public Policy di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (14/2).

Pertemuan tersebut membahas dua poin penting terkait pengoperasian Facebook di Indonesia, pertama mengenai aturan konten negatif  serta peningkatan koordinasi antara pemerintah dan Facebook.

Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan “Menteri minta respons yang lebih cepat dari Facebook kalau ada konten yang dianggap berbahaya dan bermuatan hoax,” ujar Samuel di ruang pers Kominfo.

Menurut Samuel, secara implisit Menteri Rudiantara meminta Facebook untuk membuka kantor di Indonesia, sehingga komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien.

Selama 2016 hingga 2017, terdapat 1.572 konten negatif yang dilaporkan Kominfo ke Facebook. Sejumlah konten tersebut mencakup bermacam isu, mulai dari pornografi, obat palsu, kekerasan anak, hingga berita hoax yang belakangan semakin marak.

Dari seluruh laporan itu, baru sekira 60 persen direspon oleh pihak Facebook. Menurut Samuel, setidaknya hal ini lantaran perbedaan pemahaman antara Facebook dan pemerintah Indonesia terkait konten negatif yang banyak beredar.

“Terdapat sejumlah isu yang mungkin bahaya menurut kita, tetapi menurut Facebook berbeda. Dalam hal ini mesti ada kesepahaman persepsi. Oleh karenanya akan dikaji lebih lanjut,” ungkap Samuel.

Poin kedua yang dibahas Facebook dan Menkominfo terkait citizen journalism atau program jurnalisme warga. Inisiasi itu dihadirkan Facebook untuk memberikan pelatihan tentang kaidah jurnalistik yang benar kepada masyarakat Indonesia.

Terkait kapan program itu akan diboyong ke Indonesia masih belum ada kepastian.

Setelah melangsungkan rapat tertutup dengan Menkominfo di ruang tamu menteri di lantai 7 Gedung Kominfo,
Selanjutnya para perwakilan Facebook beranjak ke Istana Negara untuk bertemu staf Presiden RI setelah melangsungkan rapat tertutup dengan Menkominfo. Tidak ada penjelasan terkait dengan topik yang bakal didiskusikan. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan