Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kemendag : Penghapusan Perpanjangan SIUP Berlaku di Setiap Daerah

0 170

JAKARTA, PenaMerdeka – Upaya mempermudah pemberlakuan regulasi para pelaku usaha lokal, pemerintah melalui Kementrian Perdagangan (Kemendag) kembali mempertegas bahwa kewajiban perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) akan dihapus dan juga mempermudah proses perpanjangan Tanda Daftar Perusahaan.

Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan mengatakan, bahwa para pengusaha tidak perlu untuk melakukan perpanjangan SIUP. Dan ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo serta hasil rapat kordinasi dengan Kementrian Koordinator Perekonomian.

“Sesuai amanat Undang-undang, untuk Tanda Daftar Perusahaan atau TDP diwajibkan untuk melakukan perpanjangan setiap lima tahun sekali. Sementara, kami nyatakan bahwa untuk SIUP tidak perlu lagi untuk daftar ulang,” ujar Enggartiasto, di Hotel Borobudur,Jakarta, Selasa (21/2).

Menurutnya, setelah dilakukan penandatangan surat edaran tersebut, maka surat pemberitahuan penghapusan perpanjangan SIUP dan kemudahan dalam melakukan pengurusan TDP itu berlaku di seluruh Indonesia.

“Setelah ditandatangani surat edaran yang seharusnya keluar hari ini itu, harus diberlakukan kebijakan tersebut disetiap Daerah,” paparnya.

Nantinya terang Enggartiasto, selain penghapusan perpanjangan SIUP diberlakukan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) juga bakal dipermudah dalam pengurusannya. Bila pada aturan sebelumnya dalam mengurus TDP perlu mengisi segala macam persayaratan dan memakan biaya, kini mengurus perpanjangan TDP hanya diperlukan mengisi satu lembar surat pemberitahuan yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan.

“Karena Undang-undang setiap lima tahun sekali harus daftar, jadi sekarang kita mengeluarkan peraturan Menteri Perdagangan, perpanjangan TDP itu cukup memberitahukan, online atau manual, dengan formatnya kita siapkan. Jadi tinggal isi, kirim, gratis, selesai,” pungkasnya. (herman/dbs).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...