kanal partai gerindra

Pemkab Lombok Utara Akan Bongkar Bangunan di Bibir Pantai Gili Trawangan

0

LOMBOK UTARA, PenaMerdeka – Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, bakal melakukan pembongkaran terhadap 143 bangunan yang berdiri di wilayah pantai Gili Trawangan. Pasalnya, ratusan bangunan hotel dan restoran itu tidak mengantongi izin.

Hal tersebut, diutarakan Hermanto, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Lombok Utara. Pembongkaran ratusan bangunan tak berizin itu rencananya akan dilakukan pada Jumat (24/02/2017) mendatang.

“Ratusan bangunan yang berdiri di bibir pantai Gili Trawangan itu, telah melanggar peraturan daerah (Perda) RTRW Kabupaten Lombok Utara 2016. Dimana telah ditetapkan bangunan harus berada minimal 30 meter dari garis pantai,” ujarnya.

Nantinya kata Hermanto, bangunan yang akan ditertibkan itu yang berjarak hanya lima meter dari bibir pantai.

“Tak hanya melanngar aturan saja, tapi ada beberapa bangunan juga yang tak berizin,” terangnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara. Telah melakukan sosialisai dan sudah membrikan surat peringatan dari jauh-jauh hari, agar dilakukan pembongkaran sendiri. Sementara, ratusan bangunan yang tidak dibongkar sendiri akan dibongkar secara paksa.

“Ada 100 bangunan yang siap membongkar sendiri. Pada senin (20/02) kemarin Villa Ombak yang berada di pantai sudah membongkar tiga bangunannya,” tandasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa Pemkab bertujuan ingin mengembalikan lagi sebagai mana fungsi pantai yang sebenarnya. Dimana selain tidak boleh menggangu keelokan lingkungannya, pantai juga dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan yang berkunjung.

Selain melakukan penertiban bangunannya kata Hermanto, Pemkab Lombok Utara akan membangun tiga jalur jalan bagi pejalan kaki, Sepeda dan Delman.

“Dan ini salah satu upaya Pemrintah Kabupaten Lombok Utara, supaya seluruh lapisan masyrakat dan wisatawan dengan leluasa dapat mengakses keindahan pantai Gili Trawangan,” pungkasnya.(herman/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

venenatis suscipit tempus commodo ut commodo mi, venenatis, nunc tristique