kanal partai gerindra

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev Tunjuk Istrinya Sebagai Wapres

0

PenaMerdeka – Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev, menunjuk istrinya sebagai salah satu wakil presiden dalam langkah memperkuat kekuasaannya terhadap negeri yang terkenal karena kaya akan minyak tersebut, Selasa (21/2),.

Mehriban (52) sekarang dapat menjadi penguasa Azerbaijan jika suaminya berhalangan lantaran dirinya jadi Wakil Presiden Pertama Republik itu. Penunjukan ini dimuat dalam situs resmi kepresidenan.

Presiden Ilham Aliyev berkuasa di Republik Azerbaijan sejak wafatnya sang ayah Heydar Aliyev di tahun 2003 lalu.

Pasangan penguasa ini telah menikah sejak tahun 1983 dan memiliki tiga anak dari hasil pernikannya tersebut.

Mehriban Aliyeva, merupakan seorang dokter yang memimpin Yayasan Heydar Aliyev. Melalui media milik pemerintah sering kali melaporkan tentang keluarga Aliyev dipemberitaanya.

Langkah Aliyev membungkam pihak menentangnya ini menuai protes aktivis hak asasi manusia, aktivis juga mengecam korupsi pada berbagai lembaga pemerintahan. Namun, pemerintah telah menyangkal semua tuduhan itu.

Sebelumnya, pada September lalu, Aliyev menyelenggarakan referendum yang mengokohkan posisi wakil presiden dan juga memperpanjang masa jabatan presiden dari lima tahun menjadi tujuh tahun lamanya.

Disebutkan dalam dokumen diplomatik Amerika Serikat yang dibocorkan, bahwa untuk masalah politik, istri presiden nampak kurang mengetahui. Informasi tersebut juga menyebutkanselera fashionnya yang mahal dan bedah plastik yang dilakukannya.

Sementara itu, para pendukung Aliyev menganggap sang presiden berhasil mengubah Azerbaijan yang dulu dianggap ‘halaman belakang’ Uni Soviet menjadi negara utama pemasok energi ke benua biru. (penamas/dbs)

Zulfikar Demokrat
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

id lectus Praesent diam accumsan facilisis venenatis quis, commodo