Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Repastriasi Etnis Rohingya Siap Dilaksanakan

0 43

YANGON,PenaMerdeka – Repatriasi warga etnis Rohingya yang mengungsi di Bangladesh akan segera dilaksanakan. Pemerintah Myanmar segera membangun pemukiman sementara agar menampung 30.000 warga itu yang menjadi target repatriasi.

Target yang mengikuti repatriasi tersebut hanya sebagian kecil dari 650.000 pengungsi di Bangladesh. Mereka melarikan diri karena kekerasan yang berlangsung pada Negara Bagian Rakhine, Myanmar semenjak aksi kekerasan militer saat 25 Agustus 2017. Kekerasan terhadap etnis Rohingya dideskripsikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai pembersihan etnik.

Para pejabat Myanmar dan Bangladesh kemarin bertemu berdiskusi membahas kesepakatan repatriasi yang sudah disetujui kedua belah pihak pada 23 November lalu. Pertemuan yang digelar di ibu kota Myanmar, Naypyitaw, merupakan kelompok kerja bersama untuk membahas kesepakatan secara detail.

Harian Global New Light of Myanmar memberitakan kamp yang akan dibangun untuk menampung pengungsi Myanmar berlokasi di Hla Po Khaung pada Rakhine utara. Itu akan menjadi kamp transisi sementara bagi warga yang diterima untuk repatriasi.

“Lahan seluas 54 hektare itu siap menampung 30.000 pengungsi dalam 625 bangunan. Sekitar 100 bangunan itu diperkirakan selesai pada akhir januari ini,” tulis laporan media kepanjangan tangan Pemerintah Myanmar.

Menurut Kepala Koordinator Union Enterprises for Humanitarian Assistance Myanmar Aung Tun Thet, kamp di Hla Po Khaung akan menjadi tempat transisi para pengungsi etnis Rohingya sebelum mereka direpatriasi ke tempat asal mereka atau lokasi di dekat tempat kelahiran warga Rohingya.

“kita akan mencoba menerima semua warga itu yang akan kembali ke Myanmar,” jelasnya.

Menurut Tun Thet, verifikasi kependudukan etnis Rohingya akan dikirim ke kamp penilaian di Taungpyoletwei atau Ngakhuya. Nantinya, mereka dipidahkan kembali ke kamp pengungsi di Hla Po Khaung. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...