Presiden Jokowi Lantik Hatta Ali jadi Ketua MA

JAKARTA,PenaMerdeka – Berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 28 P Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Mahkamah Agung (MA). Dan pada Rabu (28/2) Presiden Joko Widodo melantik Hatta Ali sebagai Ketua MA periode 2017-2022 di Istana Negara Jakarta.

Sebelumnya ketua terpilih Hatta Ali pada 14 Februari 2017 lalu akan menjalani tugasnya untuk periode 2017-2022 dengan memperoleh dukungan terbanyak, yaitu 38 suara dari 47 jumlah hakim agung.

Ia menyisihkan kandidat calon Ketua MA lainnya, yaitu Andi Samsan Nganro (7 suara) Suhadi dan Mukti Arto masing-masing satu suara.

Diketahui, jika ada satu nama yang telah memperoleh suara lebih dari 50 persen jumlah hakim agung yang hadir, orang tersebut ditetapkan sebagai ketua. Hal itu berdasarkan Pasal 7a sampai h Surat Keputusan MA Nomor 12/KMA/SK/I/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan.

Hadir saat pelantikan Ketua MA antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR, DPR, MK, DPD, BPK, KY, Kapolri, Panglima TNI  Jaksa Agung, Wakil Ketua KPK Ketua Hakim Kamar pidana MA dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

“Ini tanggung jawab moril kepada saya untuk meningkatkan lagi apa yang sudah dicapai MA selama ini,” kata Hatta Ali seusai pelantikan.

Menurut Hatta, Mahkamah Agung masih menyisakan 2.375 perkara yang harus diselesaikan pada 2017.
Lebih dalam Hatta Ali menyebutkan, sebagai ketua tidak akan menyelesaikan masa baktinya hingga 2022 karena ia sudah berusia 67 tahun, dan sesuai undang-undang usia pensiun hakim agung adalah 70 tahun.

Hatta merupakan Ketua MA periode 2012-2017 menggantikan Harifin A. Tumpa. Sebelumnya ia adalah Ketua Muda Pengawasan dan juga sebagai Juru Bicara MA dan menjabat sebagai Ketua Ikatan Hakim Indonesia. (deden/dbs)

Disarankan
Click To Comments