Mendikbud : Pelaksanaan UN 2017, Sekolah Harus Jujur

JAKARTA, PenaMerdeka.com – Tahun ini pelaksanaan Ujian Nasional (UN) memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya, pada pelaksanaan UN 2017 ini merupakan kali pertama dilaksanakannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Selain itu, pada tahun ini pelaksanaan ujian nasional siswa diberikan pilihan untuk mata pelajaran. Bahkan Muhadjir Effendy Menteri Pedidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tidak menargetkan secara spesifik untuk pelaksanaan ujian nasional di tahun ini.

Pasalnnya, Muhadjir hanya meminta supaya semua sekolah harus bersih dari praktik kecurangan-kecurangan, baik dari segi penyelenggaraan UN maupun USBN.

“Saya berharap pelaksanaan UN 2017 dan USBN ini menjadi momentum bagi sekolah-sekolah serta para siswa, pihak sekolah agar dapat bertangung jawab dan bisa mengamankan, jangan sampai ada tindakan-tindakan tidak terpuji. Kita mulai membersihkan Indonesia dari praktik-praktik tidak baik, dan kita mulai dari sekolah,” kata Muhadjir, Minggu (19/3).

Dalam pelaksanaan UN 2017 tambah Muhadjir, untuk mengetes kejujuran pihak sekolah nantinya tidak ada lagi pengawasan dari pihak kepolisian yang berseragam. Semuanya itu diserahkan kepada pihak sekolah.

“Terlebih soal USBN diserahkan sepenuhnya kepada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), di mana pusat hanya menyumbang 20 persen,” tandasnya. (herman/dbs)

Disarankan
Click To Comments