Pembangunan Tanggul Kali Ledug Molor, Dewan Akan Panggil Pengembang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Komisi IV DPRD Kota Tangerang bakal memanggil PT Delta Mega Sentul selaku pengembang perumahan Garden City menyusul belom dibangunnya tanggul kali Ledug. Molornya pembangunan tanggul kali Ledug yang melintasi perumahan tersebut membuat warga perumahan kerap merdang terkena banjir.

Turidi Susanto, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang saat melakukan peninjauan ke lokasi perumahan Garden City yang berdekatan dengan Kali Ledug menurutnya dari aduan warga mereka kerap mengalami banjir saat musim penghujan datang.

“Dalam minggu pertama bulan April 2017 kami akan memanggil pihak pengembang. Molornya pembangunan turap kali Ledug mengorbankan pemilik rumah. PT Delta Mega Sentul pas kami cek juga sedang melakukan pengembangan perumahan,” ucapnya, Jumat (24/3).

Sesuai dengan informasi, mereka sejatinya telah melakukan kesepakatan dengan warga untuk membangun tanggul. Kami meminta supaya pengembang segera merealisasikan pembangunan tanggul kali Ledug. Kalau tidak mengiindahkan maka kami mendorong Pemerintah Kota Tangerang segera meninjau ijinnya.

“Pemkot Tangerang harus mengevaluasi kinerja pengembang, harus ditindak tegas. Artinya kalau ada aturan yang dilanggar bahkan sudah mengorbakan warga cabut saja ijinnya,” tegas politisi Gerindra ini menegaskan.

Kami beranggapan kalau tanggul ini sudah direalisasi maka kami meyakini persoalan banjir yang kerap menimpa warga sekitar dan akses Jalan Regency bisa 50 s/d 60% bisa tertanggulangi.

“Situ Bulakan yang rencananya akan menjadi tendon air di kawasan ini supaya segera terealisasi. Kalau keduanya rampung, artinya pembangunan tanggul kali Ledug terlaksana dan tendon rampung juga maka mudah-mudahan persoalan banjir di wilayah ini bisa dimininalisir,” tandas Turidi.

Seperti diketahui sebanyak 6 orang dari Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Camat Periuk, Lurah Gebang Raya meninjau perumahan Garden City dan kali Ledug yang kerap ditimpa musibah banjir.

Di wilayah Kecamatan Periuk, Kota Tangerang terdapat sejumlah perumahan yang dilintasi Kali Ledug. Warga sekitar mengharapkan supaya pembangunan tanggul kali Ledug segera terealisasi lantaran Jalan Regency II yang berada di wilayah tersebut kerap menjadi kendala pengguna jalan karena luapan air dari kali tersebut.

Menurut Budi, Ketua RW 21, Perumahan Garden City, Gebang Raya sangat mengeluhkan kondisi banjir yang kerap menimpa warganya. Kendati musim penghujan di Kota Tangerang dengan intensitas ringan saja tetapi ia mengaku jika air kiriman datang dari Bogor tetap mengalami banjir.

“Apalagi kalau hujan di Kota Tangerang juga deras lantas di Bogor juga mengalami hal sama maka air yang meluap ke perumahannya bisa tambah parah. Pengembang hanya janji saja, sampai sekarang pembangunan tanggul kali Ledug belum juga terealisasi,” kata Budi mengeluh. (yuyu)

Disarankan
Click To Comments