Ini Penyebabnya Jika Sering Mengalami Kaki Kram

PenaMerdeka – Pernah terbangun waktu malam hari disebabkan bagian betis mendadak nyeri dan kaku. Sulit untuk digerakkan, jari-jari kaki mendadak seperti terpuntir, dan rasa sakitnya luar biasa, mungkin terjadi kaki kram saat sedang tertidur.

Kram di kaki dan jari-jarinya bisa disebabkan banyak hal, namun penggunaan berlebihan, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), dan kekurangan mineral (misalkan kalsium,potasium, dan magnesium) bisa menjadi pemicunya.

Seorang dokter spesialis rehabilitasi muskuloskeletal Charles Kim, menuturkan kram terjadi ketika berlebihan menggunakan otot-otot tubuh.

“Ketika berolahraga, mineral yang diperlukan otot dikeluarkan melalui keringat. Saat kekurangan mineral tersebut menyebabkan kontraksi otot atau spasme, alias kram,” ujar Kim.

Umumnya, kram yang terjadi di bagian kaki atau jari kaki bisa diatasi dengan pengobatan sendiri dan bukan suatu kondisi membahayakan.

Kim menambahkan, semakin lama kram akan semakin memburuk. “Bila sering mengalami kram, ini bisa merupakan sinyal terdapat kondisi medis yang belum diketahui pada bagian sistem saraf pusat, terutama yang terkait dengan sirkulasi,” imbuhnya.

Selain itu, kaki kram biasanya juga disebabkan karena aliran darah di kaki yang tidak lancar, lantaran alas kaki terlalu sempit dan tidak nyaman.

Bertambahnya usia seseorang juga bisa membuat kram lebih sering dialami. Penyebabnya ialah tulang mulai kehilangan kalsium dan berkurangnya elastisitas otot.

Tidak hanya itu, menurunnya fungsi vaskular yang memberi nutrisi dan sinyal ke otot bisa jadi sebabnya karena penuaan juga terjadi pada saraf.

Untuk mencegah terjadinya kaki kram, bisa dilakukan dengan memilih alas kaki yang nyaman dan sesuai. Penggunaan sepatu high heel (tumit tinggi) bisa diganti dengan sepatu bertumit rendah.

Charles Kim menyarankan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan banyak konsumsi minuman elektrolit sehabis berolahraga dan juga konsumsi makanan dengan kandungan potasium dan kalsium yang cukup.

Bila sebelumnya frekuensi olahraga cukup tinggi, saatnya untuk mengurangi agar otot tidak mengalami tekanan berlebihan. Sebaliknya, mulailah berolahraga jika sebelumnya tidak pernah melakukannya. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar bila kurang bergerak dan membuat kaki kram. (herman)

Click To Comments