Mendikbud Muhadjir Effendy Resmikan Sekolah Keberbakatan Olahraga Kendari

KENDARI, PenaMerdeka – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kunjungi Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (1/4), untuk peresmian Gedung SKO Sultra itu.

Kehadiran SKO di Kendari, diharapkan mampu melahirkan atlet berprestasi yang menjadi kebanggaan daerah maupun bagi negara.

“Belum semua provinsi memiliki Sekolah Olahraga, baru 14 provinsi dari 38 provinsi di Indonesia yang punya sekolah keberbakatan. Oleh karena itu siswa-siswanya harus jadi atlet-atlet berprestasi pada setiap cabang olahraga,” ungkap Muhadjir.

Sekolah Keberbakatan Olahraga ini didirikan dengan menggunakan dana APBN dan APBD. Pembangunan fisik SKO ini senilai Rp 37 miliar dari APBN dan dana APBD Sultra sebesar Rp 6,5 miliar untuk penyediaan lahan.

“Kedepan, untuk biaya operasional sekolah itu akan ditanggung APBD dan akan berkoordinasi dengan Kemendikbud dan Kemenpora,” imbuh Mendikbud.

Siswa di SKO ini untuk sementara akan menempati asrama yang berada dalam lingkungan sekolah.

Dalam kesempatan itu Mendikbud juga menyarankan kepada pemerintah provinsi Sulawesi Utara untuk menyewa lokal untuk kamar siswa bila asrama siswa sudah memungkinkan menampung para siswa.

Saat ini SKO Kota Kendari memiliki empat cabang olahraga yang sudah diajarkan seperti Pencak Silat, atletik, sepak takraw dan dayung. sedangkan jumlah siswa yang telah melakukan proses belajar mengajar seluruhnya berjumlah 114 orang terdiri dari dua angkatan.

Tidak hanya meresmikan Sekolah Keberbakatan Olahraga, Kunjungan Mendikbud Muhadjir Effendy sekaligus juga meresmikan Taman Budaya dan bertatap muka dengan para guru di Sulawesi Utara.

Selanjutnya, dalam rangka kunjungan kerja pada hari Minggu (2/4) ini, Mendikbud dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Wakatobi. (herman/dbs)

Disarankan
Click To Comments