Dengan Tidur Siang Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

PenaMerdeka – Merasakan kebahagiaan hidup bisa diraih dengan cara sederhana. Dipercaya dengan melakukan tidur kurang dari 30 menit disiang hari ternyata dapat meningkatkan kebahagiaan.

Para ilmuwan menemukan kaitan tidur siang hari dengan kebahagiaan dan menjadikan kata baru “nappiness” untuk menggambarkan perasaan puas setelah terlelap dalam waktu singkat.

Profesor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire mengungkapkan, “Studi sebelumnya membuktikan jika tidur siang di bawah 30 menit membuat kita lebih fokus, kreatif dan produktif. Dari penelitian ini juga menemukan mereka yang melakukannya dapat menjadi lebih bahagia.”

Sebaliknya studi tersebut juga menemukan bahwa mereka yang tertidur lebih lama saat tengah hari merasa kurang bahagia dibandingkan dengan yang terjaga sepanjang hari.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 peserta tersebut dilakukan di Edinburgh International Science Festival, Inggris dengan cara meminta jawaban dari pertanyaan psikologi mengenai kebiasaan tidur diwaktu siang masing-masing peserta.

Hasilnya 66 persen peserta melakukan tidur di waktu siang singkat mengaku mengalami perasaan lebih bahagia dibandingkan dengan peserta yang melakukan lebih lama atau tidak tidur sama sekali.

Para peserta yang tidur di siang hari hanya sebentar rata-rata memiliki skor 3,67 dalam skala lima poin, sedangkan para peserta lain memiliki skor 3,52 dan yang tidur siang panjang memiliki skor 3,44 dengan skala sama.

Penelitian ini juga menemukan 43 persen peserta dengan usia 18 sampai 30 tahun yang melakukan tidur lebih panjang di siang hari dan hanya 30 persen peserta dengan usia di atas 50 tahun.

Dengan tidur siang hari antara 20 sampai 30 menit disebutkan dapat meningkatkan kinerja, namun hanya 11 persen mengatakan mereka diperkenankan tidur di waktu siang di tempat kerja. (penamas)

Click To Comments