Gerindra Ads

Tok tok, Perkara Pilkada Banten Beres, Gugatan Rano-Embay Ditolak MK

0 196

JAKARTA,PenaMerdeka – Akhirnya pada Selasa (4/4) hakim Mahkamah Konstitusi dalam sidang ke 3 perkara perselisihan hasil pemilihan (PHP) kepala daerah Banten mengetuk palu memberikan putusan dismissal alias menolak gugatan Rano-Embay sebagai pihak pemohon dan pasangan calon nomor urut 2.

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya secara marathon pada Kamis (16/3/2017) dan Jumat (17/3/2017) telah melakukan pemeriksaan gugatan RK-Embay sebagai pendahuluan dengan Panel 2 dipimpin oleh Wakil Ketua MK Anawa Usman didampingi oleh Hakim Konstitusi I Dewa Palguna, Manahan Sitompul dan Aswanto.

Dalam sidang yang dibacakan secara bergiliran oleh 8 hakim konstitusi menyebutkan bahwa pelaksanaan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Tahun 2017 menjadi acuan MK memutus perkara gugatan Rano-Embay tidak dapat diterima.

Sehingga menurut Arief Hidayat selaku Ketua MK dalam putusannya juga menerima eksepsi dari pihak termohon (KPU Provinsi Banten) dan pihak terkait (Paslon WH-Andika) dan akhirnya menolak dalil pemohon karena tidak berlandaskan hukum atau legal standing.

“Artinya dalam sidang ini sejak semula memang sudah sesuai prediksi tim hukum kalau hakim konstitusi bakal memutus dismissal,” kata Toipin pengacara tim Wahidin Halim-Andika Hazrumy di gedung MK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (4/4).

Toipin beralasan bahwa jika memperhitungkan penduduk Provinsi Banten yang sebanyak 11.955.243 jiwa,

Maka berdasarkan pasal 158 UU Nomor 10 Tahun 2016 dan pasal 7 PMK 2016 presentase perbedaan perolehan suara antara pemohon dengan pasangan calon peraih suara terbanyak yang akan diajukan permohonan selisihnya sebanyak 1 % perolehan suara.

Seperti diketahui, acara sidang perkara Pilkada Banten nomor 45/PHP.GUB-XV/2017 dimulai pukul WIB 14.00 dengan 8 hakim konstitusi dan Syaipul Anwar sebagai Panitra Pengganti.

Gugatan Rano-Embay Mulya diberitakan sebelumnya mempermasalahkan keputusan KPU Provinsi Banten Nomor 08/Kpts/KPU-Prov. 015/2017 tentang penetapan rekapitulasi suara dari hasil pemungutan suara Pilkada Banten Febuari 2017 lalu. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...