Mulai Hari Ini, Tidak Ada Transaksi di Pintu Tol Karang Tengah

JAKARTA, PenaMerdeka – PT. Jasa Marga hari ini secara resmi menerapkan integrasi jalan tol ruas Jakarta-Tangerang-Merak, dengan menghapus transaksi di Pintu Tol Karang Tengah, Minggu 9 Maret 2017.

Dengan integrasi transaksi Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak ini, Pihak pengelola jalan tol berharap dapat memberi manfaat bagi pengguna jalan tol dari arah merak menuju ke arah Jakarta maupun dari arah sebaliknya.

Subakti Syukur Direktur Operasi II PT. Jasa Marga mengatakan, tepat mulai pukul 00.00 WIB transaksi di pintu tol Karang Tengah hari ini ditiadakan. Selanjutnya transaksi akan dilakukan di gerbang Cikupa. Penerapan sistem ini bertujuan untuk mengurai penumpukan kendaraan yang sering terjadi di Pintu Tol Karang Tengah.

“Dengan ditiadakan transaksi di pintu tol  Karang Tengah ini maka sistem terbuka yang ada akan diperpanjang sampai Cikupa. Transaksi sistem terbuka hanya satu kali yakni transaksi di cikupa,” kata Subakti, Minggu (9 /4).

Dengan diberlakukannya integrasi sistem terbuka ini, berpengaruh pada tarif tol Jakarta – Tangerang – Merak yang harus dibayar. Untuk golongan I mengalami penurunan, semula Rp8.500 per kendaraan menjadi Rp7.000 per kendaraan.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan ditetapkannya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 214.1/KPTS/M/2017 Tanggal 3 April 2017.

Berikut adalah tarif Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dari dan ke Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa;

  • Kendaraan Gol I Rp 7.500
  • Kendaraan Gol II Rp 9.500
  • Kendaraan Gol III Rp 12.000
  • Kendaraan Gol IV Rp 16.000
  • Kendaraan Gol V Rp 20.000

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan saat peralihan pengoperasian bertahap transaksi di pintu tol Karang Tengah paska integrasi, pihak Jasa Marga telah menyiapkan petugas jemput transaksi dan melakukan pemasangan rambu traffic cone untuk lalu lintas keluar jalan tol. (herman)

Disarankan
Click To Comments