Proyek Museum Olahraga Nasional Disebut tidak Menelantarkan TMMI

JAKARTA,PenaMerdeka – Momentum Asian Games dijadikan kebangkitan olagraga nasional. Pemenerintah telah menargetkan Museum Olahraga yang bertempat di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Museum modern seluas 4.000m persegi diharapkan selesai menjelang Asian Games 2018 dikabarkan dengan kajian yang matang dan mendalam karena diyakini akan menjadi kebanggan insan dan pecinta cabang kejuaraan nasional.

“Tapi bukan berarti Museum Olahraga yang sedang dalam proses ini akan mengalahkan yang sudah ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” kata Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, di di Jakarta, Kamis, (12/4).

Menurut Ananta, warisan sejarah dari atlit dan seniman olahragawan di TMII akan tetap berfungsi sebagai museum yang khusus untuk jenis olahraga tradisional dan rekreasi, sementara museum di GBK khusus untuk cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan di berbagai multi event internasional.

Sementara itu, Hertman Chaniago, Kepala Museum Olahraga Nasional menyebut bahwa pihaknya sengaja menggelar diskusi terbatas untuk meminta masukan berbagai pihak agar pembangunan museum di GBK bisa berjalan baik dan sesuai harapan.

Ia mencontohkan bahwa tempat bersejerah yang nanti ada di kawasan GBK bisa dikelola seperti di Taiwan Olimpiade yang ada di Lausanne, bahakan kata dia seperti di Swiss yang sangat canggih sehingga kedepan dapat menjadi salah satu tujuan wisata.

Herman melanjutkan, sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bawah Kemenpora mengaku terus berbenah supaya bisa menjalankan fungsi sebagai wadah untuk menyimpan, merawat, melestarikan dan memamerkan prestasi anak bangsa dibidang ini.

Ditemapat sama Joko Budiono, Ketua Asosiasi Museum DKI Jakarta menyebut bahwa pembangunan museum yang mencatatkan khusus prestasi atau cabang  Olimpiade di Senayan tidak membuat museum olahraga di TMII menjadi terlantar, seperti yang dialami Museum Timor Timur, Museum Telekomunikasi serta Museum Minyak dan Gas Bumi. (deden/dbs)

Disarankan
Click To Comments