Tiap Tahun Jumlah Anjal di Banten Melonjak

BANTEN,PenaMerdeka – Dinas Sosial Provinsi Banten mendata bahwa untuk anak jalanan (Anjal) dan pengemis di Wilayah Provinsi Banten pada tahun 2017 jumlahnya meningkat. Meskipun sudah ada rumah singgah di Kota dan Kabupaten, diakui secara umum Anjal di Banten tetap saja angkanya melonjak.

“Untuk anak jalanan dan pengemis diwilayah Provinsi Banten setiap tahunnya memang meningkat, dan pasti beda-beda wajahnya,”ujar Budi Darma Sumapraja, Pelaksana Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut, Dinas Sosial Pemrov Banten, Kamis (13/4).

Ia melanjutkan, Dinsos di Kabupaten dan Kota sampai saat ini masih terus melakukan sosialisasi terhadap para Anjal dan pengemis. Sebagian pengemis juga dilakukan rehabilitasi dalam arti dilakukan pola pembinaan. Supaya Anjal di Banten dan pengemis tidak kembali beroperasi.

“Kita lakukan pendataan dahulu untuk anjal dan pengemis, sudah didata ketika kita memiliki program untuk binaan mereka ini kita panggil,” kata Budi.

Apa lagi saat ini menurutnya, Dinas Sosial di Kabupaten dan Kota sudah memiliki rumah singgah dimana rumah singgah tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sosialisasi Dinsos untuk Anjal di Banten saat ini masih berjalan.

Dilansir pada bulan Maret saja, Dinsos Banten mencatat 889 anak hidup di jalan di provinsi tersebut. Sebagian besar mereka mengamen di pinggir jalan.jumlah itu tersebar di delapan kabupaten dan kota. Mayoritas mereka memilih hidup di jalan dengan alasan desakan ekonomi. (RA)

Disarankan
Click To Comments