Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Peran Perempuan, Ella Sylvia : Kaum Hawa Berpeluang jadi Pemimpin

0 79

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – 30 % peran perempuan dalam aspek pembangunan di sistem pemerintahan dan kelegislasian sangat penting supaya kelompok Hawa ini kata Ella Sylvia, Anggota DPRD Kota Tangerang tidak termajinalkan.

Kalau bisa menurutnya ketika disinggung momen hari Kartini perempuan bisa menjadi pemimpin masa depan, berperan aktif membangun kepentingan masyarakat karena dalam peraturan sudah dicantumkan.

“Sekarang saja kan kuota di DPRD Kota yang menjadi dewan masih 10, idealnya 15 orang. Jadi saya pikir 30 % peran perempuan masih kurang,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, Sabtu (22/4).

Kendati menurutnya kalau berbicara perempuan tentunya kita tidak bisa lepas dari kodrat yang menempel pada perempuan. Bagaimana kita menjalankan kodrat sebagai ibu dan istri dilingkungan keluarga.

“Dan bagaimana seorang wanita bisa berkontribusi untuk masyarakat sekitar, apalagi bisa berkancah di iklim politik yang dahulu banyak dipegang kaum pria. tentunya kalau disinergiskan 30 % peran perempuan dalam pembangunan sangat potensial bisa dilakukan. Yang peting harus diimbangi kualitas juga,” ucapnya.

Tapi ketika kita bicara peran dalam politik dan pembangunan, kita tidak bisa lepas dari negara dan pemerintah yang memberikan peluang kepada perempuan dalam bidang politik, yaitu dalam undang undang politik dimana 30 % keterwakilan perempuan menjadi keharusan,” kata Ella.

Peluang ini harus ditangkap, karena menurutnya pemerintah telah memberikan ruang yang sangat luas agar wanita dapat lebih memberikan kontribusinya.

“Tapi penempatan 30 % perempuan belum terwakilkan, terutama di kancah politik. Di jaman modern yaa harus ada Kartini modern yang tidak membuang khasanah kearifan lokal,” katanya menegaskan.

Ia kembali menegaskan bahwa itu sama sja artinya kaum hawa harus lebih berperan aktif di masyarakat supaya bisa merebut kuota tadi.
Diakui Ella bahwa dalam pengkaderan di tubuh PAN sendiri ada upaya untuk menjaring perempuan. Ada Perempuan Amanat Nasional (PUAN), ini langkah yang khusus meregenerasi untuk memainkan peran.

Pemkot Tangerang juga harus memberikan peluang lagi buat memenuhi 30 % peran perempuan, harus pro kepada perempuan. Jadi bukan hanya lingkungan keluarga, parpol dan sekolah saja. Makanya Dinas harus lebih aktif menelurkan program. Kalau selama ini memang hanya BPMKB saja yang fokus memberdayakan peran perempuan.

“Ayoo para perempuan harus lebih kencang lagi berperan dalam berbagai aspek, supaya bisa melahirkan calon pemimpin di Kota Tangerang yang kedepan harus memberikan efek positif kepada orang banyak,” kata politisi yang kerap disebut bakal menjadi kandidat calon walikota wakil walikota Tangerang ini bersemangat. (yuyu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...