HGN ads Bekasi

Berat Badan Kurang Picu Masalah Kesehatan Pada Anak

0 178

TANGERANG,PenaMerdeka – Bagi orangtua, jangan pernah meremehkan berat badan kurang pada anak, bukan tanpa sebab, kurangnya berat badan bisa berdampak untuk masa depan mereka. Kurva untuk berat badan anak menurut WHO yakni anak di bawah angka kurang dari 2 atau kurang dari 3 tahun akan berpeluang 5 kali lebih besar mengalami kematian disebabkan diare bila dibandingkan anak yang berat badannya normal.

Berat badan kurang juga berisiko membuat anak meninggal akibat terserang radang paru 4 kali lebih besar, selanjutnya karena malaria 4 kali lebih besar, serta campak 3 kali lebih besar bila harus dibandingkan dengan anak yang tidak keurangan berat badan. Secara keseluruhan, kondisi anak yang kurang berat badan akan mengalami kematian 4 kali lebih besar karena bermacam-macam penyakit.

Dokter spesialis konsultan tumbuh kembang – pediatri sosial, Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) mengungkapkan, bila berat badan kurang maka akan ada penurunan aktivitas fisik anak, selanjutnya secara struktur otaknya anak menjadi rendah kecerdasan.

“Anak akan memiliki perbedaan point IQ yang cukup lebar yaitu 7-31 point, tergantung di negara anak tinggal. Bila di negara maju perbedaannya 7 point, kalau negara sedang berkembang bisa 31 point. Sedangkan sangat sulit untuk mengejar perbedaan 5 point saja, apalagi 7 point,” kata dokter Wawan.

Tak hanya itu, anak dengan berat badan kurang juga akan mengalami gangguan emosi, lanjutnya, performa di sekolah tidak optimal sehingga menurunkan prestasi akademisnya. Oleh karenanya, bila tidak ingin anak mengalami hal tersebut, antisipasi terbaik adalah dengan mengoptimalkan masa 1.000 hari pertama dalam kehidupan anak.

“Terjadi di 54 negara, penurunan berat badan tertinggi pada anak usia 2 th. Untuk itu, saat 1.000 hari pertama ini bisa diantisipasi, lewat dari itu berat badannya akan stagnan,” pungkasnya. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE