Hari Anak Nasional, Dinsos Banten Ajak Anak PMKS Gali Potensi

BANTEN,PenaMerdeka – Memperingati Hari Anak Nasional, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten mengajak ratusan anak berkategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Kabupaten se Banten menggali potensi bakat yang dimilikinya masing-masing.

Pihak Dinsos sengaja menggelar Festival Minat dan Bakat Anak PMKS disebutkan untuk mengatasi sejumlah persoalan bagi  Balita Terlantar, Anak Terlantar, Jalanan, Membutuhkan Perlindungan Khusus, Korban Tindak Kekerasan serta Anak yang Berhadapan dengan Hukum dan problem lain yang masuk kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Festival Minat dan Bakat Anak PMKS yang berlangsung Rabu (26/4) dengan tagline Anak Banten Sehat dan Cerdas di Gedung Graha Pena, Jalan TB Suwandi Lingkar Selatan, Serang merupakan rangkaian memeriahkan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli.

Pihak panitia mendorong peserta untuk menggali kemampuan kolase, mewarnai, finger painting kategori balita terlantar yang membutuhkan perlindungan khusus, sedangkan lomba Accoustic bagi anak jalanan, serta accapella bagi penerus bangsa yang berkategori terlantar untuk binaan lembaga.

Nurhana, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, bahwa acara ini sangat penting untuk memotivasi mental anak penyandang PMKS supaya memiliki sikap dan semangat serta kemauan sama dengan yang lainnya. Tidak membeda-bedakan status kerena mereka mempunyai hak yang sama juga.

“Penekanan Dinsos adalah agar mereka (penyandang PMKS) dalam acara peringatan Hari Anak Nasional memiliki kepercayaan diri yang besar dan keyakinan bahwa mereka semua memiliki kesempatan sama. Apapun latar belakangnya, suku, agama maupun ras mereka,” ucapnya.

Diharapkan dengan kegiatan yang bertepatan saat Hari Anak Nasional bakat, minat dan kemampuan kategori penyandang PMKS di Provinsi Banten bisa terealisasi dengan baik.

Asda 1 Provinsi Banten Anwar Mas’ud berkomentar bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan self confidence (kepercayaan diri) anak PMKS bahwa mereka mempunyai kesempatan yang sama sebagai putra putri Banten dalam meneruskan pembangunan bangsa.

Pada kesempatan peringatan Hari Anak Nasional tersebut perwakilan penyandang PMKS menyampaikan aspirasi “Suara Anak Banten” yang dibacakan dihadapan para pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Sementara Ketua Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikshan mengatakan, mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan dari pemerintah.

“Dalam momen Hari Anak Nasional ini kami siap mendukung program apa pun yang berkaitan mereka sebagai penyandang PMKS, terutama bagI mereka yang berasal dari keluarga kategori PMKS,” pungkasnya. (RA)

Disarankan
Click To Comments