Naik Satu Peringkat, Indonesia Rangking Tiga Destinasi Wisata Halal Dunia

by 2017-05-04 1 comment

Destinasi wisata halal di dunia

JAKARTA, PenaMerdeka – Tahun 2017, Indonesia berhasil menempati peringkat tiga destinasi wisata halal antara negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Dibandingkan tahun 2016 Posisi Indonesia naik satu peringkat.

Hasil riset yang dilakukan oleh Mastercards-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017 menjadi dasar penilaian. Indikator itu meliputi 130 negara di dunia baik yang tergabung dalam OKI dan non-OKI. Sedangkan saat ini sekitar 57 negara yang telah tergabung dalam OKI.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima piagam penghargaan Global Muslim Travel Index 2017 dari CEO CrescentRating & HalalTrip, Fazal Bahardeen.

“Di tahun 2016 kita ranking empat, sekarang di tahun 2017 menjadi nomor tiga,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (3/5).

Secara keseluruhan penilaian berdasarkan empat kriteria utama yakni terkait dengan akses, komunikasi, lingkungan, dan layanan yang selanjutnya dibagi menjadi 11 bagian.

Baca juga:  Wisata Religi Mengaji Di Tengah Sawah Desa Setanggor Lombok

Standar penilaian yang digunakan untuk destinasi wisata halal termasuk kedatangan muslim, konektivitas udara, batasan visa. Selain itu ada juga penilaian kesesuaian sebagai tujuan berlibur keluarga, fasilitas komunikasi, kualitas layanan dan fasilitas yang tersedia, inisiatif pemasaran, dan alternatif akomodasi.

Pencapaian yang didapatkan menurut Arief Yahya merupakan bagian dari pengembangan wisata halal di Indonesia. Tetapi, agar terus dapat bersaing di tingkat dunia, lanjut Arief Indonesia harus tetap terus meningkatkan kualitas standar wisata halal.

“Mohon bagi pelaku industri melakukan sertifikasi. Untuk pemberi sertifikasi, supaya agar lebih mudah dilakukan. Umpamanya sertifikasi hotel bisa dilakukan dari restoran,” ucap Menteri Arief Yahya.

Berikut adalah urutan negara yang termasuk dalam 10 peringkat destinasi wisata halal OKI pada tahun 2017 berdasarkan studi GMTI 2017.

1. Malaysia
2. Uni Emirat Arab
3. Indonesia4
4. Turki
5. Arab Saudi
6. Qatar
7. Maroko
8. Oman
9. Bahrain
10. Iran

Baca juga:  Pemkab Tangerang bakal Gelar Festival Wisata Halal Banten 2017

Untuk keseluruhan, Asia tetap memimpin sebagai wilayah yang memiliki daya tarik paling besar sebagai destinasi wisata halal bagi para wisatawan muslim dengan skor rata-rata GMTI mencapai 57,6 persen. (penamas/dbs)

Bagikan Artikel ini

Komentari Berita Ini

1 komentar

Melompat ke kolom komentar
  1. wisata halal australia
    #1 wisata halal australia 6 May, 2017, 10:54

    Its like you read my thoughts! You seem to know so much about this, like you
    wrote the guide in it or something. I believe that you just could do with a few percent
    to drive the message home a little bit, however instead
    of that, this is fantastic blog. An excellent read.
    I’ll certainly be back.

    Reply this comment

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.