Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

UNBK MTs Negeri 1 Kota Tangerang Lancar, Menag : se-Banten harus UNBK

0

BANTEN,PenaMerdeka – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin mendorong supaya semua madrasah tsanawiyah (MTS) di Banten dapat menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara pelaksanaan UNBK MTs Negeri 1 Kota Tangerang dikabarkan berjalan lancar.

Menurut Menag bahwa sekarang sebagian besar MTs masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) alias ujian nasional manual.

“Kita berusaha meningkatkan diri supaya UNBK MTs Negeri dan swasta dapat dilaksanakan. Kalau sekarang (sebagian besar MTs melaksanakan Ujian Nasional) berbasis kertas dan pensil, ke depan ujian di tingkat MTs di Banten dan nasional bisa berbasis komputer,” kata Menag saat meninjau UN MTS Negeri 1 Kota Serang, Banten, Rabu, (3/5).

Keinginan menteri itu setelah menerima keluhan dari kepala MTs Negeri 1 Kota Serang, yang masih menggelar ujian menggunakan kertas dan pensil atau secara manual.

Saparudin Kepala MTs Negeri 1 Kota Tangerang menyebut bahwa meskipun baru pertama melaksanakan UNBK sudah terasa manfaatnya. Ia beralasan UNBK dapat meningkatkan kedisiplinan, kepraktisan dan hasilnya lebih akuntable.

“Pelaksanaan UNBK MTs Negeri 1 sudah dipersiapkan selama kurang lebih dari 3 bulan lalu. Dan kami telah menyiapkan sekitar sebanyak 105 perangkat komputer,” ucapnya menjelaskan kepada PenaMerdeka.com, Kamis (5/4).

Dengan 105 komputer, sementara jumlah siswa kelas IX di MTS Negeri 1 Kota Tangerang sebanyak 288 siswa kami membagi 3 gelombang UNBK.

Untuk gelombang peserta UNBK pertama mulai dari pukul 07:30 sampai 09:30 WIB, gelombang ke 2 mulai pukul 10:30 sampai 12:00 WIB. Sementara kata Saparudin di gelombang ke 3 siswa harus masuk pukul 13:30 hingga 15:30 WIB.

“Karena untuk mencukupi 30 % jumlah komputer dan peserta UNBK MTs Negeri 1 Kota Tangerang ini maka harus dibagi menjadi 3 gelombang. Untuk pengawas yaa dari internal karena semua soal itu tersistem dari pusat,” katanya menjelaska.

Dan servernya sampai sejauh ini tidak mengalami gangguan karena sudah ada personil di bagian teknis dan operator yang memelihara dan harus siaga kalau ada gangguan. UNBK yang berlangsung dari tanggal (2/3/4) dan (8) Mei 2017 ini pengumuman hasilnya dapat dilihat setelah  pelaksanaannya selesai kira-kira 1 bulan.

Kata Kepsek menegaskan, bahwa dari 3 MTs Negeri pihaknya merupakan satu-satunya MTS Negeri di Kota Tangerang yang menggelar UNBK. Maka ketika ini berhasil maka kedepan akan menjadi percontohan dari Kemenag bagi pihak swasta atau sekolah negeri. Pengumuman hasil UNBK menurutnya akan bisa dilihat setelah pelaksanaan berlangsung.

“Pasca pelaksanaan UNBK MTs ini kedepan saya mendorong supaya kegiatan belajar harus berbasis komputerisasi. Kita akan siapkan perangkat dan programnya. Kalau lab computer kami sudah ada. Tapi dengan sistem berbasis komputer siswa tidak canggung lagi menggunakan perangkat ini,” tandas Saparudin. (RA)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

venenatis, quis Phasellus libero elementum justo vel, tempus